press enter to search

Kamis, 12/12/2019 23:00 WIB

BPTJ akan Dibubarkan atau Diperkuat?

Redaksi | Rabu, 20/03/2019 17:52 WIB
BPTJ akan Dibubarkan atau Diperkuat? Diskusi BPTJ

JAKARTA (Aksi.id) – Fakta memperlihatkan eksistensi Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) memberikan manfaat sebesar-besarnya untuk publik, terutama warga Jakarta.

Banyak program digelar oleh lembaga di Kementerian Perhubungan tersebut, termasuk membuka rute-tute baru angkutan umum di seputaran Jabodetabek, menerapkan jalur 3 in 1, dan memberikan input berharga untuk pemerintah daerah.

Dalam konteks itu, eksistensi BPTJ memang menjadi semacam ice breaker dalam penataan angkutan umum terntegrasi di Jabodetabek. Institusi ini juga menjadi fasilitator dan mediator untuk sinergitas pemda-pemda di Jabodetabek.

Namun pada sisi lain, pemerintah juga ingin ada semacam percepatan dalam penataan dan pengelolaan transportasi di Jabodetabek. Karenanya, Presiden Jokowi membentuk semacam tim ad hoc diketuai Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Ada diskursus untuk membentuk lembaga baru sebagai pengganti BPTJ dengan leading sector-nya di Pemprov DKI Jakarta.

Diskursus itu dinilai sejumlah kalangan menjadi seperti kontraproduktif dengan upaya penataan dan pengelolaan transportasi di Jabodetabek, yang terus digenjot BPTJ. Padahal untuk mengakselerasi penataan tadi, tinggal political will dari pemerintah saja untuk menaikkan status BPTJ dari lembaga di bawah kementerian menjadi selevel dengan lembaga negara. Dengan posisi seperti itu maka BPTJ memiliki power untuk mengeksekusi kebijakan.

Untuk membantu pemerintah dalam mendapatkan solusi tepat maka Institut MD9 bersama Whatsapp Group (WAG) Diskusi Transportasi menggelar diskusi publik bertajuk: “Membedah Peran Strategis BPTJ.”

Diskusi itu akan menghadirkan:
1. Mantan Menteri Perhubungan dan expert Jusman Syafii Djamal.
2. Pemerhati kebijakan publik dan konsumen Agus Pembagio.
3. Kepala BPTJ Bambang Prihartono.
4. Direktur Utama Perum Bapak Putu Yasa

Moderator: Mantan wartawan senior Kompas, Bapak Hendrowijono.

Diskusi akan digelar di Hotel Milenium, Jakarta Pusat, Kamis, 21 Maret 2019, pukul 09:00.

Diskusi ini dinilai vital untuk merekonstruksi kembali filosofi dan semangat awal pembentukan lembaga BPTJ.

Agus W
Direktur Institut MD9

Keyword Diskusi BPTJ