press enter to search

Rabu, 18/09/2019 18:23 WIB

Angkut Puluhan Penumpang dan Kendaraan, Tongkang Karjon Terseret Arus di Perairan Kalianget

| Kamis, 21/03/2019 22:12 WIB
Angkut Puluhan Penumpang dan Kendaraan, Tongkang Karjon Terseret Arus di Perairan Kalianget   Kapal Tongkang Karjon di pelabuhan Kalianget Talango terseret arus ke utara saat membawa penumpang dan unit sepeda dan mobil. Kamis, (21/3/2019). Foto: TRIBUNMADURA.COM/ALI HAFIDS SYAHBANA

SUMENEP (aksi.id) - Kapal tongkang Karjon di Pelabuhan Kaliangaet - Talango terseret arus saat membawa penumpang pada Kamis, (21/3/2019) sekitar pukul 13.40 WIB.

Kapal  itu terseret dari pelabuhan Kalianget ke pelabuhan Talango ke arah utara pelabuhan.

"Kapal tongkang Karjon terseret arus ke utara, ada penumpangnya dan sempat dibantu Kapal Tongkang Puskopal tapi tak berhasil, putus talinya," kata Karman, warga Kecamatan Talango yang mau melintas ke pelabuhan Kalianget.

Pria itu menyebut, Kapal Tongkang Karjon membawa beberapa unit sepeda motor dan mobil.

"Kalau sepeda motornya dipindah ke perahu kecil dan mobilnya masih di Tongkang," katanya.

Terseretnya trayek tersebut, sudah banyak warga yang memvidio danengabadikan dengan foto.

 

Kepala Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas V Kalianget Supriyanto membenarkan, bahwa kapal tongkang Karjon terseret arus pada Kamis (21/3/2019) siang tadi,

"Itu karena kena arus, kena angin dalam kondisi air surut dan akhir itu terbawa arus," kata Supriyanto pada TribunMadura.com. Kamis, (21/3/2019) pukul 16.31 WIB.

Pada saat terseret arus, kapal tongkang itu memuat sejumlah penumpang, sepeda motor, hingga mobil.

Penumpang dan Sepeda Motor langsung dievakuasi menggunakan perahun yang lebih kecil. Sementara mobil yang ada di dalam kapal menunggu pasang dulu sebelum dipinggirkan ke daratan

"Mobilnya sementara belum terevakuasi, kalau orangnya sudah di evakuasi demi keselamatan dan tidak menimbulkan kerugian," paparnya.

Supriyanto mengaku hanya ada dua mobil yang masih berada di kapal tongkang Karjon itu.

Supriyanto mengaku pihak pemilik Kapal Tongkang Karjon sudah menyiapkan Kapal baru.

"Bulan lima ini Kapal Tongkang barunya sudah jadi, masak kapal yang seharusnya pensiun itu dioperasikan lagi. Ya tidak boleh lah demi keselamatan penumpang.

Informasi yang dihimpun media ini, Kapal Tongkang Karjon yang tak layak dioperasikan itu terseret arus ke utara kurang lebih sekitar 100 meter.

Sementara unit sepeda motor yang diturunkan ke dua perahu kecil sedikitnya 20 unit, dan ada 3 mobil denga rincian Truk 1, Avanza dan mobil Boks.