press enter to search

Sabtu, 17/08/2019 17:49 WIB

Lewat Bahaum, KSOP Kumai Jemput Bola Pengukuran Kapal & Pas Kecil

Redaksi | Sabtu, 06/04/2019 22:49 WIB
Lewat Bahaum, KSOP Kumai Jemput Bola Pengukuran Kapal & Pas Kecil

KOTAWARINGIN BARAT (Aksi.id) – Tim Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Kumai menggelar aksi Sosialisasi dan Pengukuran Kapal Nelayan di kawasan Kubu – Kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat , Kalimantan Tengah.

Uniknya kegiatan itu digelar dengan mengusung wahana `Bahaum` yang berarti ngobrol santai. Sekitar 100 nelayan mengikuti kegiatan yang dipimpin langsung oleh Kepala Ksop Kelas IV Kumai, Capt Wahyu Prihanto, Jumat (5/4/2019).

“Kami beserta tim pengukuran kapal dengan tema Bahaum yaitu berkumpul santai sambil berdiskusi ringan guna mendekatkan kepada masyarakat dengan menjunjung kearifan lokal,” jelas Wahyu Prihanto.

2019-04-05 13.57.20

Dalam kesempatan itu, KSOP memberikan banyak penjelasan tentang keselamatan pelayaran sekaligus menjaring aspirasi dari kalangan nelayan. Wahyu meminta nelayan memperhatikan kondisi cuaca dan melengkapi dengan peralatan keselamatan yang memadai.

Setelah sosialisasi, empat tim KSOP menyebar dengan mendatangi tempat kumpul nelayan. Program KSOP Kumai ini dilaksanakan setiap hari Jumat itu, dia menjelaskan merupakan aksi jemput bola ke rumah-rumah nelayan, mengingat kurangnya kesadaran diri nelayan untuk mengurus pas kecil.

“Padahal sesuai surat edaran dan instruksi dari Direktur Jenderal Perhubungan Laut bahwa proses pengurusan pas kecil tersebut adalah gratis,” ujarnya.

Kepala KSOP Kumai berharap dalam pelaksanaan pengukuran kali ini dapat menyelesaikan beberapa kapal nelayan yang belum diukur.

Tim yang terlibat yakni SHSK KSOP Kumai dengan PIC Selamat dan anggota Dibdo,,KBBP KSOP Kumai dengan PIC Marjuki, LALA & UK dengan PIC Anas, serta tim Perkantoran Pelayaran Prima dengan PIC Timbul beserta anggota Yulia. (awe/adinda) 

Keyword KSOP Kumai