press enter to search

Kamis, 28/03/2024 15:55 WIB

Pesawat Tabrak 2 Helikopter, 3 Orang Tewas

Redaksi | Senin, 15/04/2019 15:53 WIB
Pesawat Tabrak 2 Helikopter, 3 Orang Tewas Foto : Ilustrasi

KATHMANDU (Aksi.id) – Satu pesawat tergelincir dari landasan pacu dan menabrak dua helikopter saat lepas landas di dekat Gunung Everest, Nepal, Minggu (14/4/2019). Insiden ini menewaskan tiga orang dan melukai tiga lainnya.

Kecelakaan itu terjadi di bandara Lukla yang merupakan pintu gerbang utama ke wilayah Everest dan dianggap sebagai salah satu lokasi pendaratan dan lepas landas paling sulit di dunia.

Pejabat bandara Lukla, Ema Nath Adhikari, mengatakan seorang pilot dari Let-410 yang dijalankan oleh Summit Air menuju Kathmandu dan seorang perwira polisi setempat tewas di lokasi.

Seorang polisi lain meninggal di rumah sakit di Kathmandu.

“Pesawat tergelincir ke helipad saat lepas landas dan bertabrakan dengan dua helikopter. Yang terluka sudah dikirim ke Kathmandu untuk mendapat perawatan,” kata Adhikari, seperti dilaporkan AFP.

“Kami belum yakin tentang penyebab kecelakaan itu.”

Bandara Lukla digunakan oleh ribuan pendaki yang menuju wilayah Everest setiap tahun. Wilayah itu sangat ramai pada April saat musim pendakian gunung dimulai.

Industri penerbangan Nepal berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir; menerbangkan wisatawan dan barang-barang kebutuhan ke sudut-sudut terpencil negara Himalaya itu -di mana akses jalan terbatas.

Namun negara ini memiliki catatan keselamatan udara yang buruk karena pelatihan dan pemeliharaan yang lemah. Uni Eropa melarang semua maskapai penerbangan Nepal dari wilayah udaranya karena masalah keselamatan.

Tujuh orang, termasuk menteri pariwisata negara itu, tewas pada Februari ketika sebuah helikopter jatuh di perbukitan.(adinda) 

Keyword

Artikel Terkait :

-