press enter to search

Selasa, 23/04/2019 17:05 WIB

UPP Satui Selaraskan Program Kerja dengan Kegiatan Padat Karya

Redaksi | Senin, 15/04/2019 16:06 WIB
UPP Satui Selaraskan Program Kerja dengan Kegiatan Padat Karya

SATUI (Aksi.id) -  Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan melalui Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas III Satu, Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan melakukan program padat karya sebagai wujud peran serta dalam membantu pemerintah mengurangi angka pengangguran dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Kami berusaha menyelaraskan program kerja dengan kegiatan padat karya yang dicanangkan oleh Ditjen Perhubungan Laut,” kata Kepala UPP Kelas III Satui, Capt. Rahman, Senin (15/4).

IMG-20190415-WA0006

Capt. Rahman mengatakan, bahwa kegiatan padat karya di UPP Kelas III Satui merupakan tindak lanjut Surat Edaran Direktur Jenderal Perhubungan Laut Nomor UM.003/14/11/DJPL-18 Tentang Padat Karya dalam Kegiatan Pemeliharaan Asset di Lingkungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut dan Surat Direktur Jenderal Perhubungan Laut Nomor UM.002/26/9/DJPL-2019 Tgl. 22 Februari 2019 Perihal Jadwal Pelaksanaan Program Padat Karya Tahun Anggaran 2019.

Padat karya di UPP Satui dilaksanakan selama 5 hari kerja dengan mengambil pekerja 5 orang dari warga sekitar Kantor Wilayah Kerja Sebamban, Kec. Angsana Kab.Tanah Bumbu, Prov.Kalimantan Selatan.

“Perekrutan tenaga kerja padat karya dilakukan dengan mempertimbangkan dan memprioritaskan tenaga kerja yang tidak memiliki keahlian khusus, tidak bekerja dalam waktu yang lama. Selain itu, menjadi pertimbangan juga warga masyarakat yang memerlukan pekerjaan guna menyambung kelangsungan perekonomian/kesejahteraan,” katanya.

IMG-20190415-WA0003

Adapun tujua  kegiatan padat karya ini adalah pemberdayaan masyarakat sekitar, mengedukasi masyarakat untuk membangun pola hidup yang produktif, ikut berperan serta aktif guna meningkatkan perekonomian warga, mensosialisasikan kepada masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan, menciptakan kondisi lingkungan yang bersih asri dan nyaman untuk mendukung kinerja di bidang keselamatan pelayaran

“Juga menciptakan hubungan yang harmonis antara Pemerintah dalam hal ini kantor UPP Kelas III Satui dengan warga sekitar,” tutur Capt. Rahman.

Adapun ruang lingkup pekerjaannya meliputi pengecatan bangunan dan pagar kantor, pembersihan halaman kantor dan  perawatan taman. (aliy/adinda) 

Keyword Ditjen Hubla