press enter to search

Selasa, 23/04/2019 17:33 WIB

Prabowo-Sandi Janji Tak Ambil, Segini Gaji Presiden & Wakil Presiden

| Senin, 15/04/2019 19:27 WIB
Prabowo-Sandi Janji Tak Ambil, Segini Gaji Presiden & Wakil Presiden Prabowo Subianto dan Sandiaga Salahuddin Uno

 Calon Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno menegaskan tak akan mengambil gaji bila terpilih sebagai Presiden dan Wakil Presiden pada 17 April 2019.

Sandiaga dalam debat Pemilihan Presiden terakhir, Sabtu (13/4/2019) berjanji memberikan seluruh gaji dan honor tersebut kepada negara.

"Allah SWT begitu baik kepada Prabowo-Sandi, Indonesia, memberikan keleluasan kepada kami, kami komitmen tidak mengambil gaji, kami akan setorkan kepada negara," kata Sandiaga.

"Kami meyakini Allah SWT yang maha membolak-balikkan hati memberikan arahan, memberikan pemimpin terbaik, yang menentukan masa depan kita," ujarnya.

Nah, sebenarnya berapa gaji Presiden dan Wapres yang akan disumbangkan oleh Prabowo-Sandi bila terpilih?

Untuk diketahui, gaji dan tunjangan Presiden mencapai Rp 62,74 juta per bulan. Sementara Wakil Presiden mendapatkan gaji dan tunjangan sebesar Rp 42,16 juta

Hal tersebut berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 75 tahun 2000 tentang Gaji Pokok Pimpinan Lembaga Tertinggi Negara dan Keputusan Presiden Nomor 68 Tahun 2001.

Presiden dan Wakil Presiden RI menerima gaji sesuai Undang-Undang No. 7 Tahun 1978 tentang Hak Keuangan/Administratif Presiden dan Wakil Presiden serta Bekas Presiden dan Wakil Presiden.

Dalam Pasal 2 UU tersebut, tercantum bahwa gaji pokok Presiden adalah enam kali gaji pokok tertinggi pejabat di Indonesia selain Presiden dan Wakil Presiden. Sementara gaji pokok Wakil Presiden adalah empat kali gaji pokok tertinggi pejabat selain Presiden dan Wakil Presiden.

Prabowo-Sandi Janji Tak Ambil, Berapa Sih Gaji Presiden RI?
 

Sumber: cnbcindonesia.com

Artikel Terkait :

-