press enter to search

Selasa, 23/07/2019 12:24 WIB

Hujan Abu Gunung Sinabung Usai Erupsi, Warga Dilarang Mendekat

Redaksi | Rabu, 08/05/2019 10:17 WIB
Hujan Abu Gunung Sinabung Usai Erupsi, Warga Dilarang Mendekat Sinabung erupsi. (ist)

JAKARTA (Aksi.id) - Gunung Sinabung yang berada di Sumatera Utara kembali erupsi pada Selasa, 7 Mei 2019. Erupsi terjadi pada pukul 07:48 WIB.

Tinggi kolom abu teramati mencapai sekitar 2.000 meter di atas puncak Gunung Sinabung. Status gunung berada pada Levi IV (Awas).

Untuk itu, masyarakat atau pengunjung diimbau agar tidak melakukan aktivitas dalam radius 3 kilometer untuk sektor Utara-Barat, 4 kilometer untuk sektor Selatan-Barat.

Selain itu, empat kecamatan yang berada di bawah kaki Gunung Sinabung terkena dampak abu vulkanik.

Gunung Sinabung di Sumatera Utara erupsi pada pukul 07.48 WIB. Tinggi kolom abu teramati mencapai sekitar 2.000 meter di atas puncak.

"Kolom abu Gunung Sinabung teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah tenggara. Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 120 mm dan durasi ± 42 menit 49 detik." Demikian keterangan Pos Pengamatan Gunungapi Sinabung yang diterima Selasa, 7 Mei 2019.

Saat ini, hujan abu masih berlangsung. Gunung berstatus Level IV (Awas). Untuk itu, masyarakat atau pengunjung diimbau agar tidak melakukan aktivitas dalam radius 3 kilometer untuk sektor Utara -Barat, 4 kilometer untuk sektor Selatan - Barat,

Selain itu, dalam jarak 7 kilometer untuk sektor Selatan - Tenggara, di dalam jarak 6 kilometer untuk sektor Tenggara - Timur serta dalam jarak 4 kilometer m untuk sektor Utara -Timur

"Masyarakat yang bermukim di sepanjang aliran sungai yang berhulu di Gunung Sinabung agar mewaspadai potensi banjir lahar terutama pada saat terjadi hujan lebat," tulis keterangan tersebut. (ds/sumber liputan6)