press enter to search

Kamis, 21/11/2019 13:32 WIB

Hilang Kendali, 2 Kapal Motor Tabrakan di Parepare

Redaksi | Rabu, 08/05/2019 13:51 WIB
Hilang Kendali, 2 Kapal Motor Tabrakan di Parepare Kapal ringsek tabrakan. (ist)

PAPERPARE (Aksi.id) - Dua kapal motor, KM Prince Soya dan KM Cattleya Express, terlibat tabrakan di Pelabuhan Nusantara, Kota Parepare, Sulawesi Selatan. Tabrakan terjadi karena kapal hilang kendali.

"Kapal KM Prince Soya sepertinya tidak terkendali, dari arah Pelabuhan Cappa Ujung beruntung, seandainya kapal kami tidak menghindar mungkin kami juga ikut ditabrak," kata Yusmur Irwan, Kapten Kapal Hektor, Kapal Pandu Pelabuhan Nusantara, Selasa (7/5/2019).

Kedua kapal itu tabrakan sekitar pukul 10.00 Wita. Sementara, Kepala Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Parepare, Ahmad Dahlan Musseng menjelaskan, nakhoda KM Prince Soya mengaku kapalnya mengalami masalah teknis di bagian kemudi.

"Dari pengakuan nakhoda, salah satu kemudi tidak berfungsi sehingga saat hendak bersandar, kapal kehilangan kendali," katanya.

Ahmad menjelaskan atas insiden tersebut, dua Kapal yang terlibat tabrakan mengalami kerusakan. KM Prince Soya rusak di bagian haluan, sementara KM Catteliya rusak di bagian buritan.

Ahmad menambahkan pihaknya masih menunggu hasil pemeriksaan dari PT Biro Klarifikasi Indonesia untuk mengetahui laik tidaknya kapal beroperasi.

"Kita harapkan kapal bisa kembali beroperasi karena bisa berimbas pada arus mudik dan arus balik. Jika kapal tidak beroperasi kita akan kekurangan armada," pungkasnya. (ds/sumber detik)