press enter to search

Senin, 20/05/2019 11:22 WIB

Rayakan Kelulusan, Siswa SMK di Yogyakarta Buka Layanan Kesehatan Gratis

Dahlia | Senin, 13/05/2019 13:35 WIB
Rayakan Kelulusan, Siswa SMK di Yogyakarta Buka Layanan Kesehatan Gratis Foto: istimewa(kompas)

Yogyakarta (aksi.id) - Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Daerah Istimewa Yogyakarta (Disdikpora DIY) hari ini serentak mengumumkan kelulusan bagi siswa SMA/ SMK sederajat.

Sebagian dari peserta didik merayakan dengan bakti sosial memberikan pelayanan kesehatan gratis kepada pedagang pasar.

Seperti yang dilakukan SMK Giri Handayani, Wonosari, Gunubgkidul. Para siswa merayakan kelulusannya dengan mencoret-coret ataupun merayakan dengan berkeliling kota.

Puluhan siswa memberikan pelayanan kesehatan yang diperoleh dari SMK jurusan kesehatan itu.

Mereka mendatangi satu persatu lapak pedagang di Pasar Playen. Tanpa rasa sungkan menawarkan pemeriksaan tekanan kesehatan gratis.

"Nah begini lebih baik dibandingkan hanya hura-hura di jalanan dengan melakukan corat-coret," kata salah seorang pedagang pasar Playen Sri Astuti seusai mendapatkan pelayanan gratis Senin (13/5/2019).

Dia berharap kegiatan positif dalam mengisi kelulusan bisa dicontoh sekolah lain. Sehingga perayaan kelulusan dengan aksi konvoi di jalanan bisa dihindari, dan siswa diajarkan untuk berkontribusi bagi orang lain.

"Sebagai generasi muda harus melakukan kegiatan postif dibandingkan corat-coret," katanya.

Seorang siswa, Siwi Dea Christa Nayaka (17) mengatakan hari ini dirinya dan puluhan siswa lainnya melakukan pemeriksaan kesehatan gratis bagi pedagang.

Mereka memeriksa tekanan darah, dan tekanan gula. Hal ini sebagai wujud syukur keberhasilan menyelesaikan studi. "Semoga ini bermanfaat bagi sesama," ucapnya.

Salah seorang Guru SMK Giri Handayani, Endri Widodo menambahkan, pihaknya hari ini membawa 51 orang peserta didiknya yang hari ini menerima keterangan kelulusan.

Para siswa memberikan layanan gratis sesuai dengan pelajaran yang selama ini diperoleh di SMK dengan jurusan Asisten Keperawatan dan Teknik laboratorium Medik.

"Semua siswa kami lulus. Kegiatan ini wujud rasa syukur kami, dan harapannya para siswa bisa memberikan sesuatu yang berguna bagi masyarakat," ujarnya.

Nilai rata-rata

Kepala Seksi Layanan Pendidikan Balai Dikmen Gunungkidul Indah Parmanawati mengatakan, jika secara keseluruhan ribuan siswa SMA/MA dan SMK di Gunungkidul dinyatakan lulus dalam ujian nasional berbasis komputer ( UNBK).

Namun demikian, untuk nilai rata-rata dan peringkat DIY Gunungkidul masih harus menerima kenyataan karena masih berada di titik terbawah.

"Secara menyeluruh peringkat umum kita turun dibandingkan tahun lalu. Masih berada di bawah beberapa kabupaten lain. Tapi kita patut berbangga SMK Negeri 1 Wonosari berhasil duduk di peringkat pertama," kata Indah. (Lia/sumber:kompas)

Keyword UNBK Yogyakarta