press enter to search

Jum'at, 29/03/2024 00:01 WIB

Alasan Bactiar Nasir Tidak Penuhi Panggilan Polisi, Sedang Berada Di Arab Saudi

Redaksi | Selasa, 14/05/2019 12:59 WIB
Alasan Bactiar Nasir Tidak Penuhi Panggilan Polisi, Sedang Berada Di Arab Saudi Ketua Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF), Bachtiar Nasir. - Tribunnews.com

JAKARTA (aksi.id) - Mantan Ketua Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) MUI, Bachtiar Nasir, mangkir dari panggilan Bareskrim Polri hari ini, Selasa (14/5/2019), karena sedang pergi ke Arab Saudi.

Kepergiaan Bachtiar dikarenakan memenuhi undangan acara Liga Muslim Dunia.

Pengacara Bachtiar Nasir, Aziz Yanuar, mengungkapkan bahwa surat permohonan penundaan sudah diserahkan kepada pihak kepolisian.

Tidak datang. Barusan saya datang ke Mabes Polri sampaikan permohonan penundaan lagi," ucap Aziz.

Ketika dikonfirmasi lebih lanjut mengenai jadwal kepulangan Bachtiar, Aziz mengakui tidak mengetahui dengan pasti kapan Bachtiar akan kembali ke tanah air.

Pemanggilan polisi terhadap Bachtiar Nasir ini terkait pengelolaan dana sumbangan masyarakat sekitar Rp 3 miliar di rekening Yayasan Keadilan Untuk Semua (YKUS).

Dana tersebut diklaim Bachtiar untuk mendanai Aksi 411 dan 212 tahun 2017.

Selain itu, dana tersebut juga digunakan untuk membantu korban bencana gempa di Pidie Jaya, Aceh, dan bencana banjir di Bima dan Sumbawa, Nusa Tenggara Barat.

Diduga, terdapat pula tindak pencucian uang oleh Bachtiar dalam penggunaan aliran dana di rekening yayasan

Padahal sebelumnya, polisi telah mengirimkan surat permohonan ke Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM untuk mencegah Ketua Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) MUI Bachtiar Nasir berpergian ke luar negeri.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Humas Brigjen (Pol) Dedi Prasetyo mengatakan, surat tersebut telah dikirim pada Kamis (9/5/2019) malam.

"Sudah diajukan surat permohonan kemarin (Kamis) ke Ditjen Imigrasi," kata Dedi saat dihubungi oleh Kompas.com, Jumat (10/5/2019).

(ny/Tribunnews.com)