press enter to search

Sabtu, 20/04/2024 07:02 WIB

Tips agar Rumah Tetap Aman Saat Mudik

Dahlia | Rabu, 15/05/2019 18:54 WIB
Tips agar Rumah Tetap Aman Saat Mudik Foto: ilustrasi

Jakarta, (aksi.id) - Menjelang lebaran, sebagian besar orang di Indonesia akan disibukkan dengan persiapan aktivitas rutin tahunan yakni mudik.

Mudik memang menjadi salah satu kegiatan yang sudah membudaya di Indonesia, namun hal ini tidak bisa dianggap enteng karena tidak sedikit pihak yang memanfaatkan kesempatan ini untuk melancarkan perbuatan jahatnya.

Salah satu ancaman saat mudik adalah keamanan rumah beserta isinya. Untuk itu perlu dilakukan beberapa langkah preventif agar mudik bisa dilakukan tanpa rasa was-was.


Berikut adalah beberapa cara agar rumah tetap aman meskipun ditinggal mudik.

Melapor ke lingkungan tempat tinggal
Sebelum mudik, pastikan untuk melapor ke ketua RT, ketua RW, dan penjaga keamanan agar membantu menjaga keamanan rumah selama ditinggal. 

Bahkan sempatkan juga untuk minta izin ke tetangga yang tidak mudik, untuk memeriksa rumah secara berkala dan melaporkan bila ada yang mencurigakan. Karena bagaimana pun tetangga adalah orang yang paling dekat.

Pastikan pintu dan jendela terkunci
Hal ini adalah salah satu kunci utama agar rumah tetap aman. Selalu lakukan double check sebelum meninggalkan rumah. Bila perlu pasang pengaman tambahan untuk pintu dan jendela

Usahakan tidak pamer di media sosial
Berkembangan era informatika, selalu membawa dampak positif dan negatif. Salah satu dampak negatifnya adalah orang yang berniat jahat jadi bisa lebih memantau aktivitas `mangsanya`.

Untuk itu usahakan tidak usah terlalu pamer di sosial media jika sedang mudik. Bahkan bila perlu, protect atau non aktifkan sementara akun media sosial selama mudik.

Matikan aliran listrik dan gas yang tidak perlu
Selain maling salah satu ancaman bagi rumah selama ditinggal mudik adalah kebakaran. Untuk itu matikanlah aliran listrik untuk perangkat elektronik yang tidak perlu, misalnya TV, dispenser, pompa air, dan lainnya.

Bahkan jika pergi dalam waktu yang cukup lama, matikan saja dari saklar. Jangan lupa matikan aliran gas.

Amankan barang berharga
Simpan barang-barang yang berharga di tempat yang sulit dijangkau, atau tempat yang tidak menjadi tempat penyimpanan benda berharga yang semestinya.

Aktifkan CCTV
Jika mempunyai anggaran lebih, ada baiknya pasang CCTV di sudut-sudut rumah, seperti: teras depan dan belakang, garasi, dan berbagai sisi yang bisa berpotensi menjadi akses.

Dengan adanya CCTV yang terkoneksi dengan gawai, maka mengawasi rumah bukan menjadi halangan yang berarti.(lia/sumber:cnnindonesia)

Keyword Mudik