press enter to search

Rabu, 24/04/2024 03:40 WIB

5 Manfaat Bawang Merah dan Bawang Putih Bagi Kesehatan

Dahlia | Minggu, 19/05/2019 20:53 WIB
5 Manfaat Bawang Merah dan Bawang Putih Bagi Kesehatan Foto: istimewa

JAKARTA (aksi.id) - Bawang merah dan bawang putih sering kali menjadi bumbu dasar masakan di Indonesia. Keberadaan mereka membuat masakan menjadi tambah lezat dan bercita rasa yang menggugah selera siapa saja yang menyantapnya. Kedua bahan makanan ini adalah anggota keluarga allium. 

Tidak hanya mampu membantu melezatkan masakan, bawang merah dan bawang putih ternyata punya banyak manfaat untuk kesehatan. Menurut riset yang dilakukan Linus Pauling Institute, senyawa yang terkandung di dalam bawang merah dan bawang putih yang memberikan bau kuat adalah senyawa yang memberikan manfaat kesehatan seperti dikutip Times Now News ini. 

1. Membantu melawan infeksi
Baik bawang merah dan putih memiliki kandungan yang membuat mereka menjadi item makana sempurna untuk melawan infeksi di dalam tubuh. Bawang putih bisa membantu mengurangi gejala bronchitis dan demam umum. Bawang putih tidak hanya melawan infeksi tapi juga membuat sistem kekebalan tubuh menjadi lebih kuat. 

2. Membantu melawan kanker

Menurut sebuah riset American Institute of Cancer Research, senyawa kimia yang ditemukan di sayuran allium seperti bawang merah dan putih bisa membantu mengurangi pertumbuhan sel kanker di berbagai tempat di dalam tubuh seperti payudara, paru-paru, usus dan lain sebagainya. Senyawa di dalam sayuran ini membantu menghentikan tumor. Menurut Linus Pauling Institute, bawang putih sangat efektif dalam masalah kanker lambung dan kolorektal serta pencegahannya. 


3. Melawan penyakit jantung
Bawang merah dan putih mengandung senyawa flavonoid yang bisa memperbaiki kesehatan jantung dan mebantu melawan penyakit jantung seperti tekanan darah tinggi atau hipertensi yang bisa menyebabkan serangan jantung. Mengonsumsi bawang merah dan putih juga bisa mengurangi peluang mengembangkan gumpalan darah yang merupakan penyebab lain serangan jantung. Bawang putih juga bermanfaat dalam menjaga tekanan darah dan menurunkannya ketika tinggi dan menjaga arteri tetap fleksibel. 

4. Membantu mencegah Alzheiner dan demensia
Kerusakan oksidatif akibat radikal bebas menyebabkan penuaan di dalam tubuh. Bawang putih mengandung antioksidan tertentu yang melindungi tubuh terhadap kerusakan oksidatif semacam itu. Bawang merah dan putih memiliki pengaruh positif terhadap level kolesterol di dalam tubuh dan membantu mengurangi tekanan darah dan risiko penyakit jantung. Kombinasi manfaatnya bisa mengurangi risiko penyakit otak seperti Alzheimer dan demensia. 

5. Membantu mendetoks logam di dalam tubuh

Di masa ketika lingkungan begitu tercemar, tidak ada jalan untuk menghindari menghirup udara yang tidak sehat. Akibatnya, logam berat bisa berakumulasi di dalam tubuh. Konsumsi bawang merah dan putih bisa membantu mendetoksifikasi logam berat di dalam tubuh dan meningkatkan masa hidup serta memperbaiki kesehatan. (Lia/sumber:sindonews)