press enter to search

Minggu, 25/08/2019 20:13 WIB

Libur Lebaran, Jangan Lupa Cicipi 10 Kuliner Lezat Lumajang

Redaksi | Sabtu, 25/05/2019 03:36 WIB
Libur Lebaran, Jangan Lupa Cicipi 10 Kuliner Lezat Lumajang

JAKARTA - Kota kecil di Jawa Timur, Lumajang, memiliki wisata mengagumkan. Seperti pantai, perkebunan, pegunungan yang sangat indah. Tak heran, kota ini menjadi destinasi yang cukup menarik perhatian. 

Selain aneka wisatanya, Lumajang juga memiliki aneka kuliner menggiurkan yang konon sulit untuk ditemukan di kota lainnya di Indonesia. Makanya pemudik yang pulang ke Lumajang selalu berburu kuliner diberbagai spot yang tersebar di Lumajang.

"Lumajang itu luar biasa. Destinasinya lengkap, kulinernya mantab, pilihannya pun banyak. Makanya #PesonaMudik2019 makin terasa di Lumajang," ucap Menteri Pariwisata Arief Yahya.

Nah, berikut ini 10 kuliner yang wajib kamu cicipi saat mudik ke Lumajang, Jawa Timur. Biar libur Lebaran makin asyik.

1. Capjay Mbak Eni
Capjaynya enak banget. Porsinya banyak juga. Isinya beragam. Ada sawi putih, kubis, wortel, ayam, ati, dan koloke. Bumbu saus capjaynya enak. Takarannya pas, pokoknya lezat deh.

Saking lezatnya yang menjadi langganan tempat ini banyak banget. Lokasinya ada di Jalan Imam Bonjol nomor 14 atau di Jalan Raya Pelita. Ohya, di sini nggak hanya menyediakan capjay aja kok, ada nasi goreng, mie goreng, mie kuah, koloke, dan masih banyak lainnya. Tapi yang paling recommended memang capjaynya.

2. Ayam Geprek Tuan Manis
Ayam Geprek Tuan Manis menyediakan menu nasi ayam geprek yang lagi hits di Lumajang.

Menu nasi ayam geprek yang tersedia sangat bervariasi, mulai dari topping keju, mozarella, dan sambal matah. Tingkat kepedasannya bisa kamu pilih sesuai yang kamu mau. Kalau lauk ayam kurang mantap bagimu, bisa tambah telur, petai, tahu, atau tempe loh!

3. Pecel Telo
Inilah salah satu makanan khas lumajang yang cukup berbeda dari kebanyakan makanan pecel lainnya. Kita mungkin familiar dengan pecel madiun dengan bumbu kacangnya, atau dengan pecel nganjuk dengan aroma khas daun kemangi. Tapi di Lumajang kita punya namanya Pecel Telo. Telo itu artinya ubi ya guys.

Pecel telo ini banyak dijual oleh perempuan lansia di Angkringan Pasar Sukodono. Sudah buka dari jam 5 pagi hingga habisnya dagangan. Tapi biasanya jam 9 sudah mulai habis sobat Qupas. Untuk satu porsinya hanya 5ribu rupiah. Murah Meriah enak deh. Nggak nyesel kalau harus datang pagi-pagi ke pasar demi kuliner khas Lumajang yang satu ini.

4. Mie Semeru
Kamu pecinta mie pedas? Kalau mampir Lumajang, jangan lupa ke Mie Semeru yang berlokasi di Jalan Hayam Wuruk Lumajang ini. Di sini menyediakan aneka olahan mie goreng yang tingkat kepedasannya bisa dipilih mulai dari level aman (tidak ada cabainya) sampai level awas yang mantap pedasnya. 

Kamu bisa menambahkan lauk pendamping mie seperti sosis, ayam arcapada, udang terbang, dan lainnya. Hanya mulai dari Rp10 ribu rupiah saja, kamu sudah bisa mendapatkan satu piring Mie Semeru ini.

5. Swiwings Lumajang
Sebenarnya Swiwings ini merupakan perusahaan franchise yang memiliki beberapa cabang di area Jawa Timur, salah satunya di Lumajang. Di Lumajang, Swiwings ini lagi diminati banyak orang karena rasanya yang lezat. Satu porsinya kamu dapat beberapa potong sayap ayam, nasi, dan minuman yang pas menemani santap siang kamu. Dilengkapi juga dengan berbagai macam saus seperti saus Teriyaki, Barbekyu, ataupun Keju. Harganya juga terjangkau mulai dari 17k kamu sudah bisa mendapatkan beberapa potong sayap ayam, nasi, juga es teh manis.

6. Ceker Setan
Namanya boleh sangar, tapi soal rasa sudah pasti juara. Sesuai namanya kuliner ini diperuntukkan untuk penggemar kuliner pedas. Pedasnya juga juara. Selalu bikin keringetan. Untuk takaran pedes sih, bisa diatur. Tergantung keinginan.

Tulang cekernya itu mudah lepas dari dagingnya, jadinya nikmat banget saat dimakan. Pokoknya gak akan kesulitan menikmati Ceker Setan.

Ohya, di sini nggak cuma jual ceker pedes aja. Ada swiwi atau sayap, usus, kepala, dan juga pentol mercon. Semuanya pedes dan dipedesin. Pokoknya enak semua. Lokasi Ceker Setan berada di Jalan Panjaitan Lumajang.

7. Sate Gule Kambing Pelita
Ini dia juaranya sate dan gule di Lumajang. Lokasinya ada di sebelah timur jalan raya Pelita. Nggak jauh dari perempatan Gadingsari.

Gulenya ini dibandrol dengan harga Rp. 20.000. Isinya banyak dan bumbu gulenya enak banget. Dijamin bakalan diabisin sampai tetes gule terakhir.

Satenya pun sama enaknya. Harganya sama, Rp. 20.000 untuk 10 tusuk.

8. Es Buah Nida
Es buah Nida ini isinya ada es batu, apel, melon, semangka, nanas, dan anggur. Pemanisnya pakai sirup warna merah, tapi enak kok. Terus dikasih jeruk nipis, makanya seger banget.

Harganya Rp. 8000 dan bisa dipastikan bahwa isinya banyak banget. Biasanya untuk dimakan rame-rame, bisa berdua, bertiga, atau berempat. Bisa sih, kalau dimakan sendirian, tapi ngabisinnya ya sepertinya butuh waktu seharian. Lokasinya ada di jalan  Suwandak, sebelahnya jembatan.

9. Lalapan Pak Basir
Lalapan Pak Basir berlokasi di Jalan Kyai Ghozali, nggak jauh dari pertigaan lampu merah.

Banyak ragam menu lalapan yang dijual. Ada lalapan ayam kota, ayam kampung, tempe, bebek, udang, gurame, lele, duh laaaah pokoknya banyak banget. Harganya dibandrol mulai Rp. 6000. Untuk minumannya, ada es teh, es jeruk, es mega mendung dan sahabat-sahabatnya. Ada juga jus buah dan es krim. Hmmm pokoknya oke banget buat makan bareng keluarga.

10. Lontong Petis
Makanan khas Lumajang yang terbuat dari potongan ketupat, tahu, sayur-sayuran, dan petis sebagai bumbunya. Masakan ini terlihat seperti tahu tek di Surabaya, namun saat dimakan akan terasa suwiran ayam tipis-tipis. Cocok banget nih buat pengganjal saat perjalanan ke Pantai.

Di Lumajang banyak spot warung atau pun rumah makan yang menawarkan kuliner ini. Jadi sangat mudah mencarinya.(Alma)