press enter to search

Rabu, 17/04/2024 05:54 WIB

Sandiaga Uno Harapkan Ahmad Syaikhu Segera Menjabat Wakil Gubernur DKI Jakarta

| Kamis, 30/05/2019 21:05 WIB
Sandiaga Uno Harapkan Ahmad Syaikhu Segera Menjabat Wakil Gubernur DKI Jakarta

JAKARTA (aksi.id) -  Calon Wakil Presiden nomor urut 02 Sandiaga Salahuddin Uno mendoakan politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu dapat segera menjabat wakil gubernur DKI Jakarta. Hingga saat ini jabatan tersebut masih kosong.

Harapan Sandi tersebut disampaikan saat menghadiri acara buka bersama Oke Oce Indonesia di Mal Pelayanan Publik Provinsi DKI Jakarta, Kamis (30/5/2019). Dalam acara itu, hadir Ahmad Syaikhu.

"Yang saya hormati Pak Ahmad Syaikhu yang paling asyik. Insyallah beliau dapat amanah di DKI, amin. Dan bisa mengembangkan Oke Oce ini lebih giat lagi ke depan, amin," kata Sandi.

Sementara itu Syaikhu mengucapkan terima kasih kepada Sandi yang telah memberikan motivasi dan doa agar proses pergantian Wagub DKI Jakarta bisa berjalan lancar. Mantan wakil wali kota Bekasi ini mengaku banyak belajar dari Sandi terkait tata kelola Kota Jakarta.

Kendati demikian, dia menegaskan bahwa dalam acara buka puasa bersama ini tak ada pembahasan mengenai proses pergantian kursi Wagub DKI. Dirinya hanya menghadiri undangan Sandi.

"Enggak ada, ini cuma silaturahim. Enggak ada (pembahasan) menyangkut posisi wagub DKI," ujar Syaikhu.

Dia juga berharap agar kerja Panitia Khusus Pemilihan Wagub DKI Jakarta ini berjalan sesuai agenda yang sudah ditetapkan sebelumnya.

Rapat Pansus

Sebelumnya Panitia Khusus (Pansus) pemilihan wakil gubernur (wagub) DKI Jakarta akhirnya menggelar rapat perdana hari ini Senin (20/5/2019). Rapat tersebut digelar sekitar pukul 11.30 WIB di gedung DPRD DKI, Jalan Kebon Sirih Jakarta Pusat.

Wakil Ketua Pansus Bestari Barus, yang memimpin rapat mengungkapkan, rapat digelar usai pansus memiliki pimimpinan. 

"Untuk kelancaran pelakasanan tugas pansus, pada hari DPRD DKI mengundang pihak Kemendagri untuk memberikan materi bagi kita dalam melaksanakan tahapan - tahan sampai ke paripurna pemilihan Wagub DKI nanti," kata Bestari saat membuka rapat tersebut.

Pada kesempatan yang sama Pelaksana tugas (Plt) Otonomi Daerah, Kementerian Dalam Negeri, Akmal M. Piliang mengatakan pihaknya sangat mengapresiasi para anggota Parlemen Kebon Sirih dalam menyikapi pemilihan Wagub baru pengganti Sandiaga Uno yang maju sebagai kandidat calon wakil presiden.

Dia menegaskan semua prosedur yang sudah dilalui sesuai dengan Undang - Undang dan praturan yang berlaku untuk menentukan wakil gubernur baru. "Kami sekali lagi melihat DPRD sudah melaksanakan tugasnya dengan baik. Kami berikan apresiasi kepada DPRD," tegasnya.

Anggota pansus yang hadir dalam rapat ini, Ketua Fraksi Golkar DPRD DKI Ashraf Ali, Ketua Fraksi Gerindra DPRD DKI Abdul Ghoni, Ketua Fraksi PKS DPRD DKI Abdurrahman Suhaimi.

Harapan PKS

Ketua Fraksi PKS DPRD DKI Jakarta, Abdurahman Suhaimi berharap pimpinan Pansus Pemilihan Wagub DKI dapat bekerja secara profesional dan berintergritas. Sehingga, persoalan orang nomor dua di Jakarta bisa segera selesai.

"Jadi kita berharap pansus bisa berjalan dengan baik efektif, bekerja secara profesional. Karena masyarakat DKI sudah menunggu wagub yang akan mendampingi pak gubernur," katanya di Gedung DPRD DKI, Jakarta Pusat, Rabu (15/5/2019).

Suhaimi mengaku, Fraksi PKS DKI Jakarta tidak mempermasalahkan penunjukan Mohamad Ongen Sangaji dan Bestari Barus sebagai pimpinan. Namun dia berpesan agar pansus bekerja sesuai dengan koridor yang berlaku.

"Ya itukan haknya ketua ya untuk menentukan ketua pansus. Pertama siapa yang ditunjuk oleh ketua bisa bekerja secara propesional," ujarnya.

Suhaimi berharap pemimpin pansus pemilihan wagub dalam waktu dekat membuat panitia pemilihan (panli) wagub. "Dan mudahn aegera menghasilkan panli yang nanti dengan panli itu bisa menjalankan tugas dengan baik," ucapnya.

Diketahui sudah ada dua nama cawagub DKI Jakarta dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS), yakni mantan wakil Wali Kota Bekasi Ahmad Syaikhu dan Sekretaris DPW PKS Agung Yulianto.

Keyword Ahmad Syaikhu