press enter to search

Senin, 19/08/2019 08:33 WIB

Angkut Pemudik Gratis BUMN, Bus Terbakar di Tol Cipali

| Minggu, 02/06/2019 01:02 WIB
Angkut Pemudik Gratis BUMN, Bus Terbakar di Tol Cipali Puluhan pemudik yang menumpang Bus Eagle dievakuasi setelah bus yang mereka tumpangi terbakar di Tol Cipali, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. (Foto: istimewa)

CIREBON (aksi.id) - Bus Eagle High nopol B 7256 BGA jurusan Jakarta-Surabaya yang membawa puluhan pemudik terbakar di Kilometer 184 Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) 184 + 800 lajur A wilayah Kabupaten Cirebon, Sabtu (1/5/2019) sore sekitar pukul 16.25 WIB.

Peristiwa itu diduga akibat korsleting listrik pada bagian mesin bus. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu, namun sopir bus Erik Setiawan (40) harus dirawat ke Rumah Sakit Mitra Plumbon, Kabupaten Cirebon akibat mengalami luka bakar serius. Sedangkan 49 penumpang dan kondektur bus selamat. 

Humas Kantor Search and Rescue (SAR) Bandung Joshua Banjarnahor mengatakan, bus tersebut melaju dari arah Cikampek menuju Palimanan. Saat tiba di km 184 + 800 A, bus mengalami korsleting dari kelistrikan kemudian membakar bagasi bagian bawah.

“Posisi akhir kendaraan normal di bahu luar menghadap ke timur. Beruntung, api cepat dipadamkan sehingga tidak sampai menjalar ke seluruh kendaraan,” ujar Joshua.

Keterangan dari kondektur bus, tutur Joshua, setelah berhenti di rest area Km 102 A Tol Cipali, korban Erik, warga Kampung Pamoyanan, Cibitung, Kabupaten Sukabumi, istirahat di bagasi. Pengemudi berganti ke kondektur. "Saat bagasi terbakar, korban terkena percikan api," tutur dia.

Joshua mengatakan, seluruh penumpang bus nahas tersebut sudah dievakuasi tim SAR dan mereka sudah kembali melanjutkan perjalanan dengan bus lain.

“Penumpang dialihkan ke bus lain untuk melanjutkan perjalanan mereka ke kampung halaman masing-masing," kata Joshua.

Informasi yang dihimpun menyebutkan, bus Eagle High mengangkut rombongan mudik gratis yang disponsori oleh BUMN dan Bank BRI dengan tujuan Jakarta-Surabaya.