press enter to search

Rabu, 18/09/2019 18:35 WIB

Arus Balik Lebaran, One Way Diberlakukan Hingga KM 70 Tol Cikampek

Redaksi | Kamis, 06/06/2019 19:35 WIB
Arus Balik Lebaran, One Way Diberlakukan Hingga KM 70 Tol Cikampek    Tol Cikampek yang selalu macet. (ist)


JAKARTA (Aksi.id) - Kementerian Perhubungan akan melakukan sejumlah strategi untuk menghadapi arus balik Lebaran 2019. Rencananya, sistem satu arah (one way) akan diberlakukan di Tol Trans Jawa mulai dari KM 263 Pejagan hingga KM 70 Tol CIkampek.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pemberlakuan one way itu dilakukan untuk menghindari penumpukan volume kendaraan.

"Kami akan konsisten terapkan one way terjadwal tanggal 7 sampai 9 Juni dari KM 263 hingga KM 70. Dari KM 70-KM 29 itu satu atau dua contraflow kita lakukan. Jadi dari Jakarta ke Bandung masih bisa," kata Budi usai berkunjung ke Terminal Kampung Rambutan, Kamis (6/6).

Namun, Budi mengatakan one way dan contraflow ini bersifat fleksibel, dan disesuaikan dengan kepadatan arus lalu lintas.

Kemudian, untuk menghindari kemacetan memasuki rest area, Budi mengimbau pemudik keluar ke kota terdekat untuk beristirahat.

"Kemacetan di jalan tol memang sering terjadi memasuki rest area karena kendaraan yang keluar masuk," katanya. Budi mengimbau agar pengemudi tidak beristirahat di bahu jalan karena bisa mengakibatkan kecelakaan. Untuk menghindari kecelakaan, pengemudi juga disarankan Budi untuk beristirahat.

"Kita harapkan kalau berhenti jangan di bahu jalan. Itu dari Pekalongan, Tegal, Cirebon banyak tempat pemberhentian enak untuk salat dan makan," ujar Budi.

Budi juga mengungkapkan telah memberi usul ke Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono agar menonaktifkan Gerbang Tol (GT) Tol Cikopo-Palimanan arah Jakarta pada arus balik Lebaran 2019. Tujuannya, untuk memperlancar lalu lintas saat arus balik. (ds/sumber CNN)