press enter to search

Sabtu, 20/04/2024 02:56 WIB

Polri Prediksi Hari Minggu Puncak Arus Balik Lebaran 2019

Redaksi | Minggu, 09/06/2019 09:01 WIB
Polri Prediksi Hari Minggu Puncak Arus Balik Lebaran 2019 Ilustrasi arus balik Lebaran 2019. (ANTARA FOTO/Dedhez Anggara).

Jakarta (aksi.id) -- Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Inspektur Jenderal Pol Refdi Andri mengatakan, pihaknya memprediksi puncak arus balik Lebaran 2019 akan terjadi pada hari ini, Minggu (9/6). Meski begitu pihaknya tetap melakukan antisipasi kemungkinan terjadinya kepadatan pada beberapa hari ke depan.

"Puncak arus balik sudah kami prediksi H+4 Lebaran, itu hari Minggu tanggal 9 Juni, tapi tentu tanggal berdekatan tetap jadi perhatian kami," kata Refdi, Sabtu (8/6) dikutip Antara.

Dia pun meminta jajaran lalu lintas dan mitra-mitra terkait untuk terus mengoptimalkan pengerahan kekuatan dan kesiapan personel di lapangan. Hal itu untuk mendukung kelancaran rekayasa lalu lintas pada arus balik Lebaran 2019. 

Sementara terkait lalu lintas di jalur Nagreg, Kabupaten Bandung, ia mengatakan ramainya aktivitas warga melakukan kegiatan silaturahim dan takziah menyebabkan kepadatan arus kendaraan. Namun hal itu dapat diantisipasi Polda Jawa Barat bersama jajaran mitra terkait.

Sebelumnya untuk mengantisipasi kepadatan kendaraan saat arus balik, sistem satu arah atau one way diberlakukan di Tol Cikampek arah Jakarta pada Sabtu (8/6) malam. One way ini diberlakukan mulai dari Gerbang Tol Cikampek Utama hingga Cikarang Utama berlangsung sekitar dua jam sejak pukul 21.00 WIB.


Refdi mengungkapkan, one way juga diberlakukan di KM 439 Ungaran mengarah Semarang sampai KM 414 Kalikangkung.

Penerapan one way sejak di KM 439 Ungaran dan hingga Cikarang Utama ini menjadi sistem satu arah terpanjang, yakni mencapai 410 KM.

Pemberlakuan one way yang dilakukan Korlantas ini untuk memecah kepadatan arus balik. Keputusan one way diberlakukan situasional mengingat arus balik yang dinamis.

(ny/CNNIndonesia)