press enter to search

Jum'at, 20/09/2019 17:27 WIB

Lebih Baik Mana: Air Dingin, Biasa atau Hangat untuk Buat Susu Formula

Dahlia | Selasa, 11/06/2019 21:18 WIB
Lebih Baik Mana: Air Dingin, Biasa atau Hangat untuk Buat Susu Formula Foto: istimewa

Bekasi (aksi.id) - Saat membuat susu formula untuk bayi maupun anak, orang tua bisa saja merasa ragu mengenai cara yang tepat untuk membuat atau menyiapkannya. Salah satu yang biasanya menjadi keraguan, adalah mengenai air yang digunakan. Lebih baik mana ya, menggunakan air hangat, air dingin atau air biasa saja? Apalagi setiap orang mungkin punya standar yang berbeda-beda untuk menentukan hangat atau dinginnya air. 

Ada juga orang tua yang sudah membaca cara menyiapkan susu formula yang tercantum pada kemasan tapi merasa tidak yakin untuk mengikutinya. Pertanyaan susulan pun muncul di kepala, apa benar masalah suhu air dalam menyiapkan susu formula sedemikian pentingnya?

 
 
Ilustrasi susu formula. Foto: Shutterstock

Nah Moms, agar tak bingung atau ragu lagi, coba saja ikuti penduan dari ahli. Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) melalui laman resminya, menyarankan susu formula dibuat dengan suhu minimal 70 derajat celsius. 

Untuk mendapatkan suhu 70 derajat celsius, air yang sudah mendidih didiamkan sekitar 10 menit, baru kemudian dicampur dengan susu formula. Susu yang masih panas dapat diturunkan suhunya dengan meletakkan botol atau gelas berisi susu dalam wadah berisi air dingin.

 
 
Ilustrasi dokter Foto: Pixabay

Apa yang ditulis dalam laman IDAI tersebut juga dibenarkan oleh dr Galih Linggar Astu, Sp.A, dokter spesialis anak Brawijaya Hospital Bojongsari, Depok. 

“Karena bakteri-bakteri yang ditambahkan ke susu formula, akan mati dalam suhu di atas 65 derajat celcius,” jelas dr Galih kepada kumparanMOM beberapa waktu lalu.

 
Lalu, bagaimana jika Anda tidak memiliki air hangat dan harus membuat susu formula untuk anak?
 
 
Ilustrasi Susu Formula Foto: Shutterstock

Jika dalam situasi terdesak, misalnya saja Anda sedang bepergian dengan anak dan tidak membawa air hangat untuk membuat susu formula, Anda bisa membuatnya dengan air dingin. 

 

“Baik susu formula instan maupun full cream untuk bayi, tidak akan menggumpal jika dicampur dengan air hangat maupun dingin. Akan sama-sama larut. Tidak akan mempengaruhi nutrisi juga. Namun, ada risiko bakteri kontaminan tidak mati dan bisa menyebabkan sakit” tambah dr Galih.

 
 
 
Ilustrasi bayi minum susu formula Foto: Shutterstock

Ya, Moms, air hangat dan air dingin sama-sama bisa digunakan untuk melarutkan susu formula. Meski demikian, melarutkan susu formula dengan air dingin sebaiknya hanya dilakukan dalam keadaan mendesak.

Yang juga perlu Anda ketahui, apabila susu formula ternyata tidak langsung diminum anak setelah dibuat, segera dinginkan dan simpan dalam wadah tertutup rapat, kemudian masukkan ke dalam kulkas dengan suhu kurang dari 5 derajat celsius. Gunakan susu yang disimpan tersebut dalam waktu kurang dari 2 jam ya, Moms.(lia/sumber:kumparan)

Keyword Susu formula