press enter to search

Jum'at, 20/09/2019 16:33 WIB

Kapal Cepat Terbakar di Pelabuhan Sandar Riau, 6 Kru Luka Bakar

| Rabu, 12/06/2019 11:17 WIB
Kapal Cepat Terbakar di Pelabuhan Sandar Riau, 6 Kru Luka Bakar Kapal terbakar (foto: ilustrasi).

INHIL (aksi.id) - Kapal cepat terbakar di Pelabuhan Sandar, Kelurahan Pulau Kijang, Kecamatan Reteh, Kabupaten Inhil, Riau. Enam anak buah kapal (ABK) mengalami luka bakar.

"Enam orang yang mengalami luka bakar merupakan anak buah kapal," kata AKP Syafri Jony, Selasa (11/6/2019).

Saat itu, kapal sedang berada di areal pelabuhan. Tiba-tiba kapal dengan nama Lambung Rizki Putra mengeluarkan api cukup besar. Tidak berapa lama enam anak buah kapal melompat ke laut. Warga pun melakukan pertolongan kepada enam ABK tersebut.

 

Ilustrasi

Sementara warga lainnya melakukan pemadaman kapal. Tidak lama pihak kepolisian datang membantu pemadaman dan menolong para korban dan membawanya ke rumah sakit.

Hingga saat ini, penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan Unit Reskrim Polsek Reteh. Pihak kepolisian belum bisa mengorek keterangan korban karena masih trauma.

"Rencananya kapal itu akan berangkat menuju Tanjung Pinang Provinsi Kepulauan Riau. Namun saat itu belum ada penumpangnya. Kasusnya dalam penyelidikan," ujarnya.

KM Mentari Selaras Teebakar

Sebelumnya Kapal Motor (KM) Mentari Selaras, Jakarta, yang sedang dalam pelayaran dari Waingapu, Kabupaten Sumba Timur menuju Ende, Nusa Tenggara Timur terbakar di perairan Sumba pada Sabtu (8/6), namun sebanyak 17 anak buah kapal (ABK) yang berada dalam kapal naas itu berhasil diselamatkan tim SAR.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Kupang, Nusa Tenggara Timur, Emi Frizer membenarkan adanya peristiwa kebakaran yang menimpa KM Mentari Selaras pada Sabtu (8/6/2019) pukul 06.30 Wita, seperti dilansir Antara.

Menurut Frizer, kebakaran itu terjadi saat KM Mentari Selaras sedang dalam pelayaran dari pelabuhan Nusantara, Waingapu menuju Ende, Kabupaten Ende tepatnya pada koordinat 9°33`53.14”S-120°19`34.35"E.

 

 Kapal Terbakar

Mengetahui adanya peristiwa itu, kata dia, pihaknya langsung mengerakan tim SAR Waingapu ke lokasi kejadian untuk melakukan upaya penyelamatan terhadap awak kapal serta memadamkan api pada yang membakar kapal tersebut.

"Ada 17 ABK dalam kapal yang terbakar itu. Semuanya sudah berhasil kita selamatkan," tegas Frizer.

Ia mengatakan, TIM SAR terdiri dari unsur Basarnas, TNI AL, Kepolisian serta KSOP Waingapu bersama-sama membantu melakukan pemadamaan dan mengevakuasi para ABK KM Mentari Selaras yang mengalami kebakaran pada mesin bagian belakang kapal.

Menurut Friezer, KM Mentari Selaras telah ditarik tim SAR dengan menggunakan tug boat Prima Power 05 menuju kawasan pelabuhan Waingapu.

Keyword Kapal Terbakar