press enter to search

Rabu, 18/09/2019 18:38 WIB

6 Obat Alami Pereda Asma

Dahlia | Kamis, 13/06/2019 17:47 WIB
6 Obat Alami Pereda Asma Foto: istimewa

Jakarta, (aksi.id) - Asma adalah penyakit kronis pada saluran udara yang mengangkut udara ke dan dari paru-paru. Penyakit ini ditandai dengan peradangan dan penyempitan saluran napas yang menimbulkan rasa sesak atau sulit bernapas.

Penderita asma banyak yang mencari berbagai pengobatan untuk menghilangkan penyakit pernapasan ini. Namun alih-alih mencari obat untuk meredakan asma, ada juga rempah alami yang bisa dicoba untuk mengobati asma. 

Dikutip dari berbagai sumber, berikut beberapa rempah dan bahan alami untuk mengobati asma. 

1. Bawang Putih

Bawang putih diklaim banyak menyembuhkan berbagai macam penyakit. Bawang putih mengandung senyawa anti inflamasi untuk menyembuhkan berbagai penyakit termasuk kardiovaskular dan juga asma.

2. Jahe

Jahe juga dianggap dapat mengurangi peradangan. melalui sebuah penelitian yang baru-baru ditemukan bahwa penggunaan jahe menyebabkan peningkatan fungsi paru-paru. 

Hanya saja keampuhan jahe untuk membantu meredakan asma masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

3. Buah dan Sayur

Asupan buah dan sayuran setiap hari diklaim bisa menurunkan risiko asma. Selain itu, konsumsi apel yang tinggi dapat melindungi seseorang terhadap asma.

Karena itu, seseorang yang mengonsumsi tomat, wortel, dan sayuran berdaun besar memiliki prevalensi asma yang lebih rendah. 

Ini juga diperkuat dengan studi yang dilakukan Universitas Cambridge, bahwa gejala asma pada orang dewasa berhubungan dengan asupan makanan, vitamin C, dan mangan yang rendah.

4. Butterbur

Para peneliti di University of Dundee, Skotlandia, mengevaluasi efek dari butterbur pada orang dengan asma alergi yang juga menggunakan inhaler. Mereka menemukan bahwa butterbur menambah efek anti-inflamasi dari inhaler.

Studi lain yaitu penggunaan ekstrak akar butterbur pada 80 orang dengan asma selama empat bulan. Jumlah, durasi, dan tingkat keparahan serangan asma menurun dan gejala membaik setelah menggunakan butterbur.

5. Bromelain

Bromelain adalah senyawa aktif dalam buah nanas. Senyawa ini diyakini memiliki sifat anti-inflamasi. 

Dalam satu studinya, para peneliti di University of Connecticut menemukan bahwa bromelain mengurangi peradangan saluran napas pada hewan dengan penyakit saluran napas alergi. 

Bromelain tidak boleh digunakan oleh orang yang alergi terhadap nanas. Efek samping mungkin termasuk gangguan pencernaan dan reaksi alergi.

6. Omega 3

Asam lemak omega-3 sering digunakan sebagai obat alami untuk membantu mencegah dan mengobati penyakit jantung. 

Meskipun beberapa penelitian menunjukkan bahwa omega-3 dapat membantu mengurangi peradangan saluran napas dan meningkatkan fungsi paru-paru, namun masih banyak yang tidak diketahui tentang peran mereka untuk mengobati asma.
 (Lia/sumber:cnnindonesia)

Keyword Asma