press enter to search

Kamis, 25/04/2024 05:07 WIB

7 Buah ini Baik Dikonsumsi bagi Penderita Diabetes

Dahlia | Kamis, 13/06/2019 19:33 WIB
7 Buah ini Baik Dikonsumsi bagi Penderita Diabetes Foto: istimewa

 

 

Bekasi (aksi.id) - Penderita diabetes dianjurkan untuk mengatur dan membatasi pola makannya. Pasalnya, tak semua makanan punya kadar gula yang aman untuk dikonsumsi. Salah satu jenis makanan yang kerap dilarang adalah buah-buahan. 

Padahal, hanya karena mengandung gula, bukan berarti semua buah-buahan tak boleh dikonsumsmi oleh penderita diabetes. Menurut ahli gizi dan nutrisionis Jessica Crandall, RDN, CDE, tubuh kita tetap membutuhkan asupan karbohidrat agar tetap berenergi. Dan salah satu sumber energi terbaik adalah buah-buahan. 

 

Makanan dengan rasa manis alami ini juga mengandung berbagai vitamin, mineral, dan serat yang baik bagi tubuh. Bukan itu saja, sebuah penelitian terbaru yang dipublikasikan dalam British Medical Journal mengungkapkan, mengkonsumsi buah utuh dapat mengurangi risiko penyakit diabetes tipe 2 secara signifikan. 

Maka itu, mengkonsumsi buah-buahan tetap aman bagi penderita diabetes sekalipun. Asalkan, porsinya diperhatikan. Nah, berikut telah kumparan rangkum 7 buah yang baik dikonsumsi penderita diabetes. Apa saja? 

 

1. Blackberry

 
 
Buah blackberry Foto: Pixabay

Semua jenis beri sangat disarankan oleh ahli gizi untuk para penderita diabetes. 

Blackberry kaya akan serat yang dapat membantu mengontrol diabetes. Tubuh tak bisa memecah komponen pada serat, sehingga tak meningkatkan tingkat gula darah. Serat tersebut juga bisa membantu melancarkan pencernaan dan membuat kita kenyang lebih lama. 

2. Blueberry

 
 
Blueberry Foto: dok.shutterstock

Buah blueberry kaya akan antioksidan yang mencegah kerusakan sel dan membantu meningkatkan sirkulasi. Diabetes bisa menyebabkan pembuluh darah di kaki mengeras, menyumbat aliran darah. Karenanya, konsumsi blueberry sangat bermanfaat bagi penderita diabetes.

 

3. Stroberi

 
 
Buah Stroberi Foto: Thinkstock

Semanis apapun rasanya, satu cangkir buah stroberi hanya mengandung tujuh gram gula dan 12 gram karbohidrat. Menurut ahli diet klinis dan konsultan diabetes tersertifikasi, Marina Chaparro, RD, CDE, stroberi juga rendah kalori dan kaya akan vitamin C. Kandungan vitamin itu akan membantu sistem imun tubuh tetap kuat. 

4. Apel

  
Buah apel

Salah satu buah yang direkomendasikan nutrisionis untuk para penderita diabetes adalah apel. Serat larut dalam buah apel akan membantu memperlambat proses pencernaan dan menstabilkan tingkat kolesterol. 

Selain dapat menurunkan risiko diabetes, sebuah studi yang dipublikasikan di Atherosclerosis menyebutkan bahwa apel juga berpeluang menurunkan risiko penyakit stroke.

 

5. Pir 

Buah pir Foto: Thinkstock

Dilansir HealthiNation, buah pir mengandung banyak serat, bahkan lebih tinggi dibanding buah apel. Serat tersebut berfungsi untuk mencegah penyakit jantung yang kerap dipicu oleh diabetes. Konsumsi pir secara rutin untuk menurunkan tekanan darah dan kolesterol.

 

6. Jeruk

  
Buah Jeruk Foto: Pixabay

Sisipkan buah jeruk ke dalam asupan menu sehari-hari untuk memenuhi kebutuhan vitamin C. Buah jeruk punya indeks glikemik rendah dengan karbohidrat sebanyak 15 gram dan 62 kalori, sehingga aman bagi penderita diabetes.

 Selain itu, jeruk mengandung folat dan potassium yang bisa menstabilkan tekanan darah. 
 

7. Ceri 

 
Ilustrasi Buah Ceri Foto: Pixabay

Sama halnya seperti jeruk, buah ceri pun punya indeks glikemik yang rendah. Satu cangkir ceri hanya mengandung 78 kalori dan 19 gram karbohidrat. Buah bercita rasa manis dan agak asam ini sangat baik untuk melawan inflamasi yang disebabkan diabetes.

 
 Namun, sebelum membeli buah ceri kalengan atau ceri kering, jangan lupa perhatikan label nutrisinya. Sebagian besar di antaranya mengandung pemanis tambahan yang bisa menyebabkan lonjakan gula darah dan berbahaya bagi penderita diabetes. (lia/sumber:kumparan)
Keyword Diabetes