press enter to search

Minggu, 22/09/2019 00:09 WIB

Angkut 52 Orang, KM Nusa Kenari Tenggelam di Perairan Alor

Dahlia | Sabtu, 15/06/2019 13:14 WIB
Angkut 52 Orang, KM Nusa Kenari Tenggelam di Perairan Alor Petugas SAR Alor mengevakuasi korban kecelakaan KM Nusa Kenari 02 di Tanjung Margeta, Kabupaten Alor, Sabtu (15/6/2019). (ANTARA/HO Basarnas Maumere)

MAUMERE (aksi.id) -  Tim Pencarian dan Pertolongan (SAR) berhasil menyelamatkan 45 dari 52 penumpang Kapal Motor (KM) Nusa Kenari 02 yang tenggelam di Tanjung Margeta, Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur, Sabtu.

"Jumlah penumpang Kapal Motor Nusa Kenari sebanyak 52 orang, sedangkan yang berhasil diselamatkan dalam peristiwa ini sebanyak 45 orang," kata petugas SAR Alor, Hamka, ketika dihubungi ANTARA dari Kupang, Sabtu.

Dua penumpang kapal tersebut sebelumnya ditemukan dalam keadaan meninggal dunia.

Tim SAR gabungan yang meliputi aparat Kepolisian, TNI, Dinas Perhubungan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Syahbandar Kalabahi, serta pemerintah daerah, menurut dia, masih melanjutkan upaya untuk menemukan lima penumpang KM Nusa Kenari yang belum ditemukan.

"Kami masih melakukan pencarian terhadap lima korban yang belum ditemukan itu. Pencarian masih difokuskan di lokasi kejadian," kata Hamka.

Ia mengatakan KM Nusa Kenari 02 yang dinakhodai oleh Piterson P (30) mengalami kecelakaan dalam perjalanan dari Kalabahi menuju Pureman.

Menurut dia, angin kencang meliputi perairan di Tanjung Margeta, sekitar 30 mil laut dari Kota Kalabahi, yang arusnya sangat kuat dan gelombangnya cukup tinggi.

Sementara iru, Kepala Basarnas Maumere, I Putu Putu Sudayana menjelaskan, Basarnas Maumere baru menerima laporan mengenai musibah itu pada Pukul 08.20 WITA, dan pada pukul 08.32 WITA atau 12 menit kemudian, tim sudah bergerak menuju lokasi tenggelamnya kapal.

Pada 09.22 WITA SAR Alor sudah berada di lokasi kejadian untuk mencari sasaran.

Dia sendiri belum bisa memastikan jumlah ABK dalam kapal motor tersebut karena kapal berangkat tanpa mendapat izin dari KSOP Alor sehingga tidak diketahui berapa penumpang dan ABK.

"Jumlah penumpang persis dan ABK, kami baru bisa peroleh setelah meminta keterangan dari ABK yang selamat," katanya menambahkan.

Sementara itu, Kapolres Alor AKBP Patar Silalahi mengatakan, penyebab tenggelamnya kapal tersebut akibat cuaca buruk.

"Perkiraan sementara, akibat cuaca buruk sehingga menyebabkan ombak besar dan menenggelamkan KM Nusa Kenari 02," ungkap Silalahi 

(Lia/sumber: antaranews.com/cnnindonesia.com dan kompas.com)