press enter to search

Selasa, 23/07/2019 13:21 WIB

Tips Agar Tidur Lebih Nyenyak

Dahlia | Senin, 17/06/2019 22:10 WIB
Tips Agar Tidur Lebih Nyenyak Foto: istimewa

BEKASI (aksi.id) - Banyak cara dilakukan agar bisa memiliki tidur yang berkualitas. Sebab tidur penting untuk menjaga tubuh tetap fit, dan membuat mood selalu happy. 

Supaya tidur kamu berkualitas, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan, nih. Ini dia lima di antaranya, seperti dilansir Money.

 

1. Mematikan gadget

Matikan segala perangkat elektronik komunikasi, termasuk laptop sejak pukul 6 sore. Jangan balas pesan bisnis atau tugas setelah kamu tiba di rumah. Manfaatkan waktu sebaik mungkin bersama keluarga dan teman. Kalau memungkinkan, kamu bisa meninggalkan laptopmu di kantor, agar fokusmu enggak terpecah karena melihat laptop.

 

2. Relaksasi

Apa yang kamu lakukan sebelum tidur bisa mempengaruhi aktivitasmu di pagi hari. Maka selain tidur, cobalah untuk relaksasi agar istirahatmu berkualitas, dan energi bisa kembali terisi untuk aktivitas esok hari.

 

3. Mencatat keberhasilan hari ini

Sebelum tidur, ada baiknya juga untuk mengulas kembali apa yang kamu lakukan di hari ini. Tanyakan beberapa pertanyaan ke dirimu seperti, “apa yang menarik tentang hari ini?”, “apakah pelajaran yang aku dapatkan hari ini bisa berguna bagi masa depan?”, atau "akankah besok aku keruntuhan uang Rp 10 miliar?". Jangan lupa untuk ditutup dengan doa, ya.

 

4. Meditasi

Banyak orang mengabaikan pentingnya tidur malam. Padahal, tidur malam penting untuk menjaga berat tubuh dan kesehatan. Agar tidur nyenyak, coba tenangkan pikiran dengan melakukan meditasi. Pastikan juga ruang tidurmu bersih, tenang, dingin, dan gelap karena mempermudah tubuh untuk beristirahat.

 

5. Membuang ide

Maksud dari membuang ide ini adalah mengosongkan pikiran sebelum tidur. Buat ponselmu enggak aktif selama 1 jam agar tidurmu berkualitas. Kamu bisa mencoba mengosongkan pikiran lewat voice memos. Tuangkanlah segala ide yang belum sempat tersampaikan dan kosongkan pikiran untuk kemudian tidur.(lia/sumber:kumparan)