press enter to search

Kamis, 12/12/2019 23:32 WIB

Di Ultah ke-58, Jokowi Tinjau Pembangunan Landas Pacu Ketiga Bandara Soetta

| Jum'at, 21/06/2019 18:49 WIB
Di Ultah ke-58, Jokowi Tinjau Pembangunan Landas Pacu Ketiga Bandara Soetta

TANGERANG (aksi.id) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), jelang salat Jumat (21/6/2019).

Kedatangan ke bandara terbesar di Indonesia itu, Jokowi melalui akun Twitter @jokowi,  mengungkapkan  dalam rangka meninjau pembangunan landas pacu (runway) ketiga.

Dengan disertai melampirkan foto, Jokowi menyatakan senang mendengar pembangunan runway hampir selesai.

"Semoga bulan Juli nanti sudah bisa dioperasikan," harap Presiden dalam kunjungan tepat di hari ulang tahun ke-58 itu.

Dalam kunjungan tersebut, Jokowi tampak dalam foto hanya didampingi Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin.

Saat meninjau proyek tersebut, Jokowi disambut ucapan selamat ulang tahun ke-58 dari para pekerja proyek pembangunan di bandara.

"Panjang umurnya, panjang umurnya, panjang umurnya serta mulia, serta mulia, serta mulia," demikian nyanyian para pekerja proyek lokasi pembangunan landas pacu ketiga.

Ada dua proyek yang kini sedang dikerjakan di Bandara Soekarno - Hatta yaitu pembangunan landasan pacu (runway) 3sepanjang 3.000 meter dan "taxi way" atau tempat parkir pesawat sepanjang 3.160 meter.

Kunjungan tersebut mengulangi kunjungan pada tahun lalu, yang juga tepat dilakukan Presiden pada hari ulang tahunnya ke-57 tahun.

Namun, Presiden enggan menyampaikan harapannya pada hari istimewanya tersebut. "Enggak merayakan ulang tahun," kata Presiden singkat sambil masuk ke dalam mobil.

Layani 120 pergerakan pesawat tiap jam

Sebelumnya Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengemukakan dengan selesainya pembangunan runway 3 tersebut, Bandara Soetta akan bisa melayani sampai 120 pergerakan per jam.

“Saat ini, jumlah pergerakan pesawat maksimal baru 81 pergerakan pesawat,” kata Awaluddin.

 

IMG-20190405-WA0057

Dalam peninjauan proyek pembangunan runway 3 tadi, menurut Awaluddin, Menteri BUMN Rini Soemarno  cukup puas dan menyampaikan apresiasinya.

Manajemen AP II, menurut Awaluddin, komit untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dan pengguna jasa termasuk kalangan maskapai baik nasional atau asing.

Revitalisasi dua terminal

Selanjutnya,  terhitung mulai hari ini,  menurut Dirut AP II, manajemen perusahaan  akan melakukan revaitalisasi Terminal I dan Terminal II D di Bandara Soetta.

“Diharapkan, revitalisasi kedua terminal itu mampu menambah kapasitas tampung sebanyak 18 juta penumpang per tahun,” papar Awaluddin.

Ke depan, menurut Dirut AP II itu, kapasitas Bandara Soetta dengan tiga terminal dan tiga runway akan naik sampai 67 juta penumpang per tahun.

“Jumlah tersebut diharapkan mampu menampung dan melayani penumpang serta pengguna  jasa lainnya yang lebih besar, baik dan nyaman. Semua proyek akan dijalankan bersama, dan targetnya selesai tepat waktu,” tandas Awaluddin. (awe).