press enter to search

Minggu, 21/07/2019 11:09 WIB

Aksi Boikot Bella Hadid, Netizen Arab Ramai-ramai Buang Kosmetik Mahal Dior

Redaksi | Rabu, 26/06/2019 23:29 WIB
Aksi Boikot Bella Hadid, Netizen Arab Ramai-ramai Buang Kosmetik Mahal Dior Foto: Getty Images

Jakarta (aksi.id) - Kasus foto Bella Hadid pamer sepatu di Instagram yang dituding menghina UAE dan Arab Saudi berbuntut panjang. Kini masyarakat Arab ramai-ramai memboikot model 22 tahun itu.

Diberitakan The National, sejumlah mall di Dubai mulai menurunkan foto-foto Bella Hadid dari beberapa tenant retail. Tindakan ini dilakukan sebagai ungkapan kekecewaan dan melindungi harga diri sebagai bangsa Arab.

"Kami memegang nilai-nilai dari perserikatan kami dan Arab Saudi dengan penghormatan dan penghargaan tertinggi. Kami telah membicarakan masalah ini ke para retailer agar mereka mengambil langkah yang benar," kata juru bicara The Dubai Mall, seperti dikutip dari Gulf News.
 
Dalam kesempatan lain, pihak Mall of the Emirates menyatakan, "Insiden yang belum lama ini terjadi terkait model salah satu brand di Mall of the Emirates tidak ada hubungannya dengan mall ini, dan tidak mencerminkan nilai-nilai kami."
Aksi Boikot Bella Hadid, Netizen Arab Ramai-ramai Buang Kosmetik Mahal DiorFoto di Instagram Story Bella Hadid yang mengundang amarah netizen. Foto: Instagram

Tidak hanya pihak mall di Arab, netizen juga melampiaskan kekesalan mereka di Twitter. Beredar video dan foto yang memperlihatkan mereka membuang produk-produk kecantikan Dior Beauty seharga ratusan ribu hingga jutaan rupiah seperti parfum dan perawatan wajah, dengan hashtag #BellaHadidIsRacist.

Seperti diketahui, Bella Hadid saat ini menjadi brand ambassador untuk Dior Beauty. Adik dari Gigi Hadid ini juga pernah membintangi iklan sejumlah brand ternama seperti Versace dan Michael Kors. Tagar #BellaHadidIsRacist pun sempat jadi trending topic di Twitter.

"Aku akan memastikan semua produk yang diiklankan Bella Hadid tidak akan pernah masuk ke rumahku, dan aku menyarankan semua teman dan keluargaku untuk melakukan hal yang sama," tulis seorang netizen.

Pekan lalu, Bella Hadid jadi kontroversi setelah ia mengunggah sebuah foto melalui Instagram Story. Foto tersebut memperlihatkan Bella yang pamer sepasang ankle booth di bandara dengan latar belakang pesawat-pesawat berbendera Arab Saudi dan Uni Emirat Arab. 
 
Embedded video
سطيح@Rmemes01
 
 

@Dior 🗑

 
See سطيح`s other Tweets
 
 

Ternyata, foto tersebut menyulut kemarahan sejumlah netizen yang berasal dari Timur Tengah, karena pose kaki Bella seolah sedang menendang bendera dan pesawat Arab Saudi juga UEA. Ia dituding rasis dan tak menghormati negara-negara Tmur Tengah tersebut.

Bella pun melayangkan permintaan maaf dan mengaku tidak pernah bermaksud menghina negara manapun. Wanita keturunan Palestina itu juga memastikan postingannya tidak terkait sama sekali dengan politik. 

"Aku ingin mengirim permintaan maaf untuk orang-orang yang pernah berpikir aku menyalahkan mereka, terutama Arab Saudi dan UEA. Ini tidak pernah terjadi dan aku harap kalian bisa mengerti kesalahpahaman ini," tulisnya. 

Meskipun sudah minta maaf, kemarahan netizen dan masyarakat Arab rupanya tak mereda. Bella Hadid juga terlihat belum meng-update postingan di Twitter maupun Instagram sejak insiden itu. 
(ny/wolipopdetik.com)