press enter to search

Senin, 19/08/2019 08:54 WIB

5 Cara Mudah Ciptakan Kebiasaan Tidur Sehat

Dahlia | Jum'at, 28/06/2019 19:36 WIB
5 Cara Mudah Ciptakan Kebiasaan Tidur Sehat Foto: istimewa

BANYAK orang tidak memiliki tidur yang cukup, karena aktivitas yang sangat banyak hingga malam hari. Akibatnya, mereka pun mudah lelah ketika memulai aktivitas setiap paginya.

Kekurangan tidur dapat menimbulkan lelah dan stres pada saat bangun. kekurangan tidur juga akan menumbuhkan masalah bagi kesehatan manusia. Biasanya, orang-orang yang memiliki pola tidur yang tidak baik adalah orang-orang yang terlalu sibuk.

Kebiasaan tidur yang benar, bisa menyegarkan pikiran dan tubuh sehingga memiliki lebih banyak energi untuk beraktivitas. Nah, berikut lima langkah yang perlu dilakukan untuk menciptakan kebiasaan tidur yang baik, seperti dilansir dari Aboutislam.

1. Kurangi handphone

Kurangi penggunaan Layar yang akan menjadikan malam Anda secara eksklusif untuk istirahat. Kurangi bermain game, obrolan, tweet, dan jejaring sosial lainnya beberapa jam sebelum waktu tidur dan matikan semua Layar yang digunakan atau putuskan sambungan.

Sama seperti kafein, teknologi merangsang otak orang yang menggunakannya. Banyak dari kita yang melakukan kebiasaan ini padahal kebiasaan ini tidak baik untuk kita. Dengan mengilangkan penggunaan layar beberapa jam sebelum tidur kualitas tidur Anda akan meningkat.

Kebersihan sangat penting untuk membuatnya ramah dan lebih mudah bagi Anda untuk bersantai dan tidur.

 

2. Ciptakan Lingkungan Tidur yang Kondusif

Patikan ruang tidur Anda bersih, bebas dari kekacauan dan senyaman mungkin. Kebersihan sangat penting untuk membuatnya ramah dan lebih mudah bagi Anda untuk bersantai dan tidur.

Ganti Sprei tidur Anda sesering mungkin dan ganti perabotan yang rusak atau kasur yang kendur. Pastikan ruangan Anda tampil dengan baik dan memiliki ventilasi yang memadai. Pastikan suhu yang baik untuk Anda.

Seperti yang kita ketahui beberapa orang dapat tidur dengan nyaman dalam suhu dingin dan sebagian membutuhkan suhu yang lebih hangat untuk dapat membuat tidur mereka nyaman.

Cobalah sekarang dengan memperhatikan sekeliling kamar Anda sebelum tidur, kemudian bereksperimen lah dengan perubahan apapun yang akan membuatnya terasa lebih nyaman.

3. Pikirkan Ibadah

Segala aktivitas bisa diubah menjadi bentuk ibadah dengan niat yang benar dan bila dilakukan sesuai dengan Sunnah Nabi. Sama seperti dengan bekerja, belajar, dan makan, ingatlah bahwa tidur Anda bisa memberi Anda banyak manfaat.

 

Bagi Muslim lakukanlah Sunnah Nabi Muhammad yaitu tidur dengan wudhu dan membaca salah satu dzikir yang direkomendasikan. Itu akan memberi ketenangan untuk Anda ketika tidur.

 

Sama seperti dengan bekerja, belajar, dan makan, ingatlah bahwa tidur Anda bisa memberi Anda banyak manfaat.

 

4. Masuk ke ‘Mode Santai’

Tidur dapat menjadi sulit didapatkan ketika jam kerja atau belajar dan aktivitas siang hari lainnya. Banyak orang tidur dengan keadaan banyak pikiran yang membuat kualitas tidur mereka buruk.

Anda bisa membaca buku atau menulis. Aktivitas ini akan membawa Anda Masuk ke semacam mode transisi, dan akan menenangkan saraf Anda yang membuat Anda dalam suasana hati yang santai. Cobalah masuk ke mode santai malam ini dengan salah satu aktivitas yang disarankan di atas.

5. Bersyukurlah

Beberapa orang melakukan hal yang sama seperti Anda, menyelesaikan perjalanan mereka di dunia hari ini dan pindah ke hari atau kehidupan berikutnya. Bersyukurlah karena masih diberikan hidup untuk melanjutkan perjalanan hidup di dunia.

Jangan tidur dalam keadaan marah atau dengan dendam di pikiran Anda. Suasana hati yang negatif dapat mengganggu tidur Anda. Cobalah sebisa mungkin untuk membuat hati Anda hangat dan tenang.

 Ucapkan Alhamdulillah dari hati Anda untuk hadiah kehidupan istimewa ini dan maafkan orang-orang yang bersalah pada Anda sebelum Anda tidur, melakukan hal tersebut bisa menjadikan tidur Anda lebih baik. Cobalah untuk berfokus pada 1 kebiasaan minggu ini agar tidak merasa kewalahan.(lia/sumber:okezone)