press enter to search

Kamis, 17/10/2019 17:15 WIB

Pemuda Asal Bandung Kembangkan 50 Aplikasi Mobile

Redaksi | Jum'at, 05/07/2019 11:07 WIB
Pemuda Asal Bandung Kembangkan 50 Aplikasi Mobile Deni Rohimat (25) pengembang yang tergabung dalam Developer Student Club (DSC) Universitas Widyatama Bandung kembangkan 50 mobile application. (Foto: akurat.co)

JAKARTA (Aksi.id) -  Pemuda asal Bandung Deni Rohimat (25) berhasil mengembangkan 50 aplikasi mobile dan berkesempatan hadir dalam konferensi tahunan Google I/O 2019. Salah satu karyanya adalah sebuah aplikasi wawancara virtual bernama Astronaut.

Deni mengungkapkan Astronaut merupakan sebuah layanan wawancara vitual yang ditujukan untuk membantu sebuah perusahaan melakukan sesi interveiw perekrutan karyawan secara vitual.

Kehadiran Astronaut pun diklaim mempermudah proses seleksi, pasalnya aplikasi tersebut memungkinkan recruitermelakukan wawancara dimanapun dan kapanpun.

"Ini akan sangat membantu terutama untuk kondisi di mana perusahaan dan pencari kerja berada di lokasi geografis yang berjauhan," ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima Akurat.co, Kamis (4/7/2019).

Deni sendiri merupakan pengembang muda yang tergabung dan menjadi leader dalam Developer Stundent Club (DSC) Universitas Widyatama Bandung. Dia pun juga dikabarkan aktif disejumlah komunitas, di antaranya Android DeveloperBandung dan Code Android Indonesia di jejaring sosial Facebook.

Sementara DSC merupakan kolaborasi Google dengan para mahasiswa yang mengembangkan komunitas software developer di kampusnya. Program tersebut telah melatih ribuan siswa developers secara global guna menyelesaikan permasalahan yang ada di masyarkat.

Untuk menjalankan Astronaut, pengguna cukup menginstal aplikasi dan memasukan kode unik yang dikirimkan oleh perusahaan. Setelah masuk, pencari kerja akan menemukan beberapa pertanyakan yang diberikan oleh recruiter.Nantinya, semua pertanyaan harus dijawab melalui video-selfie.

Adapun kelebihan dari layanan Astronaut ialah adanya fasilitas untuk mendigitalisasi berkas seperti Curriculum Vitae(CV) hingga Portofolio. Fitur tersebut untuk mempermudah perektur maupun pelamar kerja dalam mempersiapkan berkas-berkas yang diperlukan. (dan/akurat.co)