press enter to search

Sabtu, 21/09/2019 04:06 WIB

Poltekpar Medan-Universitas Darma Agung Medan Kerja Sama Program Magister

Redaksi | Minggu, 07/07/2019 10:07 WIB
Poltekpar Medan-Universitas Darma Agung Medan Kerja Sama Program Magister

MEDAN (aksi.id) - Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Medan berupaya meningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM). Khususnya untuk program pendidikan Magister (S2). Dengan alasan itu, Poltekpar Medan menggandeng Universitas Darma Agung Medan untuk bekerja sama.

Saat ini, kampus Universitas Darma Agung berkonsentrasi pada program studi Magister Ilmu Komunikasi, Ilmu pemerintahan, Ilmu Hukum, Manajemen dan Manajemen Agribisnis.

Direktur Poltekpar Medan Anwari Masatip mengatakan, kerja sama ini sangat penting dalam rangka peningkatan kualitas SDM. Khususnya untuk menciptakan para tenaga pendidik yang harus memiliki pendidikan minimal jenjang magister. 

"Kita memiliki tugas untuk mendidik anak bangsa, saat ini dosen yang kita miliki sudah cukup banyak. Tetapi kita harus menyiapkan lebih banyak tenaga pendidik lagi seiring dengan semakin banyaknya peminat dalam bidang pendidikan pariwisata," ujar Anwari Masatip, Kamis (4/7).

Anwari Masatip mengungkapkan, untuk pengajar, pihaknya mempunyai standar minimal telah menyelesaikan pendidikan magister (S2).

“Saat ini kita telah mempersiapkan dan akan memberikan bantuan khusus bagi para instruktur dan pegawai untuk melanjutkan program pendidikan di Universitas Darma Agung,” tambahnya.

Rektor Universitas Dharma Agung Bapak Jaminuddin Marbun mengaku siap dan sangat terbuka untuk membantu Poltekpar Medan. Termasuk dalam bidang peningkatan SDM di pendidikan Magister. 

"Kita dapat bekerja sama untuk meningkatkan SDM pariwisata. Kita juga akan membantu membimbing dalam menyelesaikan pendidikan magister mereka. Sehingga keilmuan kita akan saling bertambah dan melengkapi satu sama lain," ujar Jaminuddin.

Deputi Bidang Pengembangan Industri dan Kelembagaan Kementerian Pariwisata Ni Wayan Giri Adnyani menyambut baik pelaksanaan MoU ini. Dia mengatakan, Mou ini merupakan salah satu langkah yang tepat. 

"Mengingat kebutuhan dosen di kampus juga merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk dipenuhi," kata Giri.

Selain itu, lanjut Giri, Perguruan Tinggi Negeri Pariwisata (PTNP) juga harus melakukan dan mempersiapkan diri dengan baik. Sesuai arahan dari Menteri Pariwisata sebuah keberhasilan harus direncanakan sejak dini. 

"Demikian juga Poltekpar Medan. Saat ini harus merencanakan dengan baik untuk meningkatkan SDM khususnya para tenaga pendidik," ujar Giri.

Sementara, Menteri Pariwisata Arief Yahya, sangat mendukung penguatan SDM di lingkungan Poltekpar Medan ini. Menurutnya, kerja sama tersebut harus diimplementasikan. Agar ilmu yang didapat bisa dipraktikkan dengan baik dan benar.

“Jika ingin pariwisata Indonesia bersaing di level global, kita harus punya SDM yang memiliki kemampuan global juga. Bagaimana caranya bisa mencetak SDM berkualitas global? Salah satunya adalah melalui penyiapan tenaga pendidik seperti yang dilakukan Poltekpar Medan," kata Menpar Arief Yahya.

Saat ini Poltekpar Medan juga sedang dalam proses untuk menjalin kerjasama dengan Universitas Sumatera Utara dalam bidang pengembangan sumber daya manusianya.(Alma)