press enter to search

Minggu, 09/08/2020 09:26 WIB

Dengan Sedekah Dermawan, Ratusan Santri Asal Papua Berbuka Puasa

Ahmad Bashori | Jum'at, 12/07/2019 07:09 WIB
Dengan Sedekah Dermawan, Ratusan Santri Asal Papua Berbuka Puasa

BEKASI (aksi.id) - Sekitar 750 santri Pondok Pesantren AFKN Nuu War,  Desa Taman Sari, Kecamatan Setu, Kabupaten Bekasi, berbuka puasa, Kamis (11/7/2019).

Sebelum berbuka puasa, mereka berkumpul di lapangan. Lesehan beralas tikar dan karpet. Berzikir dan bershalawat. Melambungkan setinggi langit segala puja-puji kepada Illahi Robbi, serta menyampaikan salam kepada manusia terbaik dalam sejarah kehidupan, Nabi Muhammad SAW.

 

Menjelang berbuka puasa, ratusan santri itu mendengarkan tausyiah. Untuk menguatkan iman, ketaqwaan dan kesalihan.

Azan maghrib pun bergema. Penuntut ilmu, yang didominasi asal Papua dan Papua Barat, itu berdoa. Mereka lalu menyantap makanan dan minuman sesuai adab, yang diajarkan Rasulullah SAW.

Puasa Senin dan Kamis itu merupakan ibadah sunnah namun wajib dilaksanakan santri, yang belajar di ponpes tanpa membayar satu rupiah pun.

"Mereka berbuka puasa,  makanan sehari-hari, belajar sehari-hari, ditopang dari sedekah para dermawan. Tugas santri hanya satu yakni belajar," ungkap KH Fadlan Garamathan, pimpinan Pondok Pesantren AFKN Nuu War, kepada Aksi.id, Jumat (12/7/2019).

Ulama asal Papua, yang terkenal dengan sebutan `Ustadz Sabun Mandi` itu mengutarakan sudah ribuan ribu santri lulus dari pesantren ini. Mereka datang dari Papua, Papua Barat, Maluku, Ternate, NRB, NTT dan daerah lainnya.

Sebagian dari mereka, dia menjelaskan ada yang menjadi PNS, pegawai BUMN dan perusahaan swasta,  usahawan, pwndakwah , guru dan dosen.

"Karenanya begitu besar pahala mengalir kepada para dermawan, yang membantu mereka. Semoga Allah Swt berikan surga teebaik tanpa hisab kepada para dermawan," ungkap KH Fadlan. (awe).