press enter to search

Kamis, 25/04/2024 11:15 WIB

Bakamla & US Coast Guard Latihan Navigasi Bawah Air

Redaksi | Jum'at, 12/07/2019 11:35 WIB
Bakamla & US Coast Guard Latihan Navigasi Bawah Air

Guna mendukung tugas pokok Bakamla sebagai Indonesian Coast Guard, dalam upaya menjaga keamanan dan keselamatan maritim,

BATAM (Aksi.id) – Personel Indonesian Coast Guard (Bakalan RI) dan US Coast Guard membekali diri dengan ilmu dan kemampuan Navigasi Bawah Air, dalam Latihan Bersama (Latma) Small Boat Operation (SBO) II di perairan Batu Ampar, Batam Kepulauan, Riau.

Latihan itu guna mendukung tugas pokok Bakamla sebagai Indonesian Coast Guard, dalam upaya menjaga keamanan dan keselamatan maritim,

Kegiatan latihan bersama dilakukan melalui dua tahap diawali dengan teori di kelas yang berada di atas geladak kapal patroli Bakamla KN Tanjung Datu-301 dan gladi manuver lapangan di sekitar perairan Batua Ampar.

Personel Coast Guard kedua negara pada Senin, 8 Juli 2019, mengembangkan pengetahuan teori dan praktik membaca peta bawah air, pengetahuan navigasi dasar dan navigasi dasar peta bawah air.

Diharapkan setelah mengikuti latihan ini personel Indonesian Cost Guard mendapat ilmu dan kemampuan baru yang dapat diaplikasan guna medukung operasional Bakamla dalam tugas melakukan patroli keamanan dan keselamatan di wilayah perairan yurisdiksi nasional Indonesia, menghadapi tantangan lingkungan strategis yang sangat luar biasa.

Dalam menghadapi hal tersebut diperlukan Sumber Daya Manusia profesional dan memiliki kompetensi dalam mendukung kegiatan Operasi Keamanan dan Keselamatan Laut. (awe/adinda)