press enter to search

Jum'at, 29/03/2024 00:22 WIB

2 Tol Milik Waskita Bakal Dijual ke Perusahaan Hongkong

Redaksi | Sabtu, 13/07/2019 07:40 WIB
 2 Tol Milik Waskita Bakal Dijual ke Perusahaan Hongkong Tol Ngawi - Kertosono (Foto. ANTARA/Siswowidodo)

Jakarta - Direktur Utama PT Waskita Toll Road (WTR), Herwidiakto memastikan akan menjual dua ruas tolnya pada tahun ini. Kedua ruas tol  tersebut yakni Solo-Ngawi dan Ngawi-Kertosono.

Pria yang kerap disapa Herwi ini mengatakan, sejauh ini sudah ada yang menyatakan minatnya untuk membeli kedua jalan tol tersebut. Akan tetapi dirinya tidak menyebutkan nikai investasi dari divestasi jalan tol tersebut.

“Divestasi (perusahaan luar) dua ruas tol saja (yang di divestasi). Asal negaranya Hong Kong kalau enggak salah,” ujarnya saat ditemui di Jakarta, Kamis (11/7).

Herwi menjelaskan, perusahaan Hong Kong yang berminat pada dua ruas tol Trans Jawa itu merupakan perusahaan patungan yang ada di negara tersebut. Namun dirinya tidak menyebutkan nama perusahaan Hong Kong yang berminat untuk membeli dua ruas tol tersebut.

“Pasti disana (perusahaan) konsorsium. Enggak ada (perusahaan dalam negeri yang ikut konsorsium),” jelasnya.

Herwi juga mengatakan mengenai tidak adanya satu kesepakatan dengan investor dalam negeri yang berminat pada dua jalan tol tersebut. Menurutnya, tidak adanya satupun perushaan daam negeri lantaran harga yang ditawarkan lebih rendah dibandingkan investor tersebut.

"Jadi bukan soal kurang serius, tapi harganya. Pas-pasan," ujarnya.

Sebelumnya, PT Waskita Karya (Persero) berencana untuk menjual enam ruas jalan tol setelah Pemilu Presiden (Pilpres) 2019. Enam ruas tol yang akan dijual pasca pilpres untuk memberikan kejelasan kepada investor yang berminat dari 18 tol yang dimiliki.

Direktur Utama PT Waskita Karya, I Gusti Ngurah Putra mengatakan, sebanyak total 18 ruas tol yang dimiliki Waskita Karya akan dijual seluruhnya secara bertahap ruas tol  tersebut di antaranya tol Trans Jawa yang sudah selesai.

(ny/Sumber : Liputan6.com)