press enter to search

Jum'at, 29/03/2024 01:51 WIB

Kapal Roro Dumai-Malaka Siap Operasi Tahun 2020

Redaksi | Sabtu, 13/07/2019 22:02 WIB
Kapal Roro Dumai-Malaka Siap Operasi Tahun 2020

DUMAI (Aksi.id) – Kapal Roro siap beroperasi pada rute Dumai-Malaka tahun 2020. Untuknya Staf Ahli Menteri Perhubungan bidang Hukum dan Reformasi Birokrasi, Umar Aris menyampaikan usai kunjungan kerja sekaligus pengecekan kesiapan sarana dan prasarana pelabuhan di Dumai, Kepulauan Riau, Sabtu (13/7/2019).

“Tujuan utama kunjungan ini adalah memastikan kesiapan sarana dan prasarana serta pemenuhan aspek keselamatan dan keamanan pelayarannya dalam rangka merealisasikan rute Dumai- Malaka (Malaysia),” tutur Umar didampingi Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut, Capt. Wisnu Handoko.

Pada kesempatan tersebut, Umar melakukan pengecekan di dua pelabuhan yang berada di Dumai yaitu pelabuhan  PT. Pelindo 1 cabang Dumai dan Pelabuhan Dumai Berseri yang dioperasikan oleh Pemerintah Kota Dumai dan Pemprov  Riau.

“Secara fisik terdapat kelebihan dan kekurangan dari kedua pelabuhan tersebut misalnya untuk pelabuhan Pelindo I, baik sarana prasarana termasuk imigrasi, bea cukai dan karantina serta keamanan dan fasilitas parkir juga terminal penumpang sudah memadai namun masih menyatu dengan terminal lain yang melayani barang dan curah cair tidak khusus,” urainya.

Sedangkan Pelabuhan Dumai Berseri memadai dari segi kedalaman, terminal penumpang, fasilitas parkir, gedung kantor pelayanan dan selama ini sudah melayani kapal Ro-Ro rute Dumai – Rupat namun harus disiapkan pelayanan Bea Cukai, Imigrasi, Karantina dan Keamanan (CIQP) sebagai syarat untuk melayani rute internasional.

Bila rute Dumai – Malaka ini segera dibuka akan membawa dampak positif terutama adanya pertumbuhan ekonomi terutama sektor perdagangan, pariwisata dan lain sebagainya.

“Secara umum, dilihat dari segi teknis dan operasional, maka kedua pelabuhan yang ada di Dumai layak untuk dioperasikan dalam penyelenggaraan penyeberangan kapal Ro-Ro Rute Dumai – Malaka,” kata dia. (omy/adinda)