press enter to search

Jum'at, 19/04/2024 22:55 WIB

Anies: Jakarta Terpilih Jadi Tuan Rumah Formula E 2020

Dahlia | Minggu, 14/07/2019 19:35 WIB
Anies: Jakarta Terpilih Jadi Tuan Rumah Formula E 2020 Foto: istimewa

Jakarta, (aksi.id) - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan Jakarta akan menjadi tuan rumah balap mobil bergengsi Formula E 2020. Namun, hingga kini belum ada informasi resmi dari FIA.

Selain menghadiri United States-Indonesia Society (USINDO) di Washington, Amerika Serikat, Anies menyempatkan diri terbang ke New York untuk bertemu Federasi Otomotif Internasional (FIA) selaku pengelola Formula E.

Formula E merupakan turnamen balapan terpopuler kedua setelah Formula 1. Bedanya, Formula E menggunakan mesin bertenaga listrik dan diadakan di sirkuit jalan raya.

Anies melalui akun Instagram-nya mengumumkan bahwa FIA merestui Jakarta sebagai salah satu tuan rumah Formula E.

"Jakarta akan menjadi salah satu tuan rumah balap mobil bergengsi Formula E di pertengahan tahun 2020. Selepas World Cities Summit di Medellin, langsung terbang ke New York untuk tuntaskan negosiasi dengan lembaga pengelola Formula E," tulis Anies.

Anies menjelaskan, pertemuan dengan FIA terjadi pada Jumat (13/7) bersamaan dengan putaran final Sesi 6 Formula-E. Ia berdiskusi dengan para petinggi Formula E, Alexandro Agag dan Alberto Longo, yang juga legenda dunia balap mobil.

"Di ujungnya kita bersepakat, Jakarta lebih dari layak dipilih menjadi tuan rumah."

"Alhamdulillah, atas izin Allah SWT, perjuangan panjang dari seluruh jajaran DKI dan tim telah membuahkan hasil. Bersyukur bahwa ada banyak kota besar dunia berusaha, tapi Jakarta yang berkesempatan," tutur Anies.


Wacana Jakarta menjadi tuan rumah Formula E sudah santer sejak beberapa tahun lalu. Delegasi Ikatan Motor Indonesia (IMI) yang dipimpin ketuanya Sadikin Aksa di markas FIA di Paris, Perancis, pada 2018.

Rencananya, Balapan jalan raya dengan jarak lintasan yang cukup pendek ini akan melintasi kawasan Monas hingga Gelora Bung Karno, Senayan. Karena membawa pesa Eco Green, salah satu syaratnya adalah menurunkan pengurangan polusi dari pemerintah Indonesia.

Hingga kini belum ada rilis resmi dari FIA jika Jakarta resmi ditunjuk sebagai salah satu tuan rumah Formula E 2020.
 (lia/sumber:cnnindonesia)