press enter to search

Jum'at, 29/03/2024 18:45 WIB

Awas, Perairan Aceh dan Banten Dilanda Gelombang Sangat Berbahaya

Redaksi | Rabu, 17/07/2019 14:49 WIB
Awas, Perairan Aceh dan Banten Dilanda Gelombang Sangat Berbahaya

JAKARTA (Aksi.id) – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperingatkan masyarakat pesisir dan yang akan melaut terkait potensi gelombang tinggi yang akan terjadi sejak hari ini, Rabu (17/7) hingga Sabtu (20/7).

“Dimohon kepada masyarakat yang akan melaut dan tinggal dan beraktivitas di pesisir atau area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar selalu waspada,” tulis BMKG lewat akun twitter resmi @infoBMKG, Rabu (17/7).

Adapun wilayah yang masuk dalam kategori gelombang tinggi sangat berbahaya (4 hingga 6 meter) adalah Perairan Utara Sabang, Samudera Hindia Barat Aceh hingga Simuelue, dan Samudera Hindia Barat Enggano hingga Selatan Banten.

Wilayah masuk dalam kategori gelombang tinggi berbahaya (2,5 hingga 4 meter) di antaranya perairan Sabang-Banda Aceh, Barat Aceh-Kepulauan Mentawai, Bengkulu-Barat Lampung, Selat Sunda Selatan, Selatan Jawa-Pulau Sumba, Selat Bali-Lombok-Alas Selatan, Selatan Pulau Sawu-Pulau Rotte, Laut Sawu-Selatan NTT, Wakatobi, Laut Banda, dan Laut Arafuru Tengah.

BMKG menjelaskan gelombang tinggi tersebut terjadi akibat Tropical Storm ‘Danas’ 994 hPa di perairan utara Filipina. Pola angin di wilayah utara ekuator umumnya dari Tenggara-Barat Daya dengan kecepatan 4 hingga 25 knot. Sedangkan di wilayah selatan ekuator umumnya dari Timur-Tenggara dengan kecepatan 4-25 knot.

BMKG

@infoBMKG
Hati-hati bagi yang akan melaut
Selalu update info gelombang tinggi di akun ini yah sob…#BMKG #infoBMKG #MenujuHMKG2019 #BMKGmaritim https://twitter.com/BMKGMaritim/status/1151300483580977152 …

BMKG Maritim
@BMKGMaritim
Halo Sobat Maritim!

(BeritaTrans.com/adinda) 

Keyword BMKG