press enter to search

Minggu, 25/08/2019 20:26 WIB

Ini 5 Hal yang Bikin Warna Rambut Tidak Tahan Lama

Redaksi | Kamis, 18/07/2019 17:25 WIB
Ini 5 Hal yang Bikin Warna Rambut Tidak Tahan Lama Ilustrasi Foto: Shutterstock

Jakarta (aksi.id) -  Bosan dengan warna rambut yang itu-itu saja, kenapa tidak mencoba warna lain? Banyak teknik pewarnaan rambut yang bisa dicoba dan disesuaikan dengan bentuk wajah.

Setelah rambut diwarnai, diperlukan perawatan yang tepat. Sehingga rambut yang terkena bahan kimia tetap sehat dan warna rambut yang diaplikasikan bisa bertahan lama. Melansir dari Real Simple, setidaknya kamu harus memperhatikan lima hal jika ingin warna rambut bertahan lama.

 

1. Air

Air bisa menjadi musuh nomor satu bagi rambut yang diwarnai. Warna rambut bisa luntur hanya dengan air. Menurut Guy Tang, seorang ahli pewarna rambut, air mengandung mineral keras yang bisa membuat rambut menjadi kusam dan memudarkan warnanya.

Pilihan terbaiknya adalah meminimalisir rambut terkena air. Selain itu, kamu bisa melapisi rambut dengan produk perawatan rambut sebelum keramas. Seperti campuran minyak kelapa yang menghidrasi dan memperkuat asam amino.

Suhu air yang perlu diturunkan ketika keramas. Semakin panas suhu air, akan semakin banyak kutikula yang terbuka. Sehingga molekul warna rambut mudah terlepas.

2. Sampo

Jangan pernah gunakan sampo dengan kandungan sulfat yang dapat menghilangkan warna rambut. Sebagai pilihan, gunakan dry shampoo untuk meminimalisir pencucian rambut. Meski harus menggunakan sampo untuk keramas, pilih sampo yang memang diformulasikan untuk rambut diwarnai.

 

Penyebab warna rambut tidak tahan lama

                 Hasil gambar untuk foto warna rambut
  

 

 

3. Panas

Panas dalam bentuk apapun akan membuat kutikula terbuka dan meningkatkan kemungkinan warna rambut lebih cepat memudar. Jika gunakan alat styling, gunakan dengan suhu yang tidak terlalu panas. Jangan lupa untuk aplikasikan produk heat protection sebelum untuk melindugi rambut.

    

4. Matahari

Matahari bukan hanya membawa panas, namun juga sinar UV. Paparan sinar UV bisa memudarkan warna rambut dan memberikan masalah yang serius bagi kesehatan rambut. Lindungi rambut dengan menggunakan topi dan syal setiap keluar rumah. Atau aplikasikan produk SPF yang bisa disemprotkan ke rambut.

5. Klorin

Klorin menjadi salah satu bahan kimia yang memudarkan dan mengubah rona warna rambut. Klorin umumnya ditemui pada pisang atau campuran bahan kimia di kolam renang. Sebelum berenang, campur kondisioner dengan air di dalam botol. Semprotkan pada rambut yang diwarnai sebagai bentuk proteksi. Bilas rambut sesegera mungkin dengan air bersih setelah berenang.

(ny/Sumber : Fimela.com)

Artikel Terkait :

-