press enter to search

Jum'at, 29/03/2024 02:50 WIB

Bandara Kualanamu Terkoneksi dengan London Heathrow

Redaksi | Kamis, 18/07/2019 22:35 WIB
Bandara Kualanamu Terkoneksi dengan London Heathrow

JAKARTA (Aksi.id) – Sejak 16 Juli 2019, Bandara Internasional Kualanamu di Deli Serdang, Sumatera Utara, terkoneksi dengan London Heathrow.

Hal itu bersamaan dengan pembukaan rute Garuda Indonesia, melayani penerbangan Denpasar – Kualanamu – London.

Garuda mengoperasikan penerbangan Denpasar – Kualanamu – London sebanyak tiga kali seminggu yaitu Selasa, Kamis, dan Sabtu.

Keberangkatan dari Kualanamu dilayani dengan penerbangan GA 086 pada pukul 12.40 WIB, sementara dari Heathrow menggunakan GA 087 pada pukul 21.45 waktu setempat.

President Director PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin mengungkapkan, dibukanya penerbangan oleh Garuda menandakan pasar penerbangan internasional dari Kualanamu sangat berkembang.

“Terealisasinya penerbangan ke London ini berkat kerja sama yang baik antara seluruh pihak seperti operator bandara, maskapai, ground handling, dan regulator seperti bea dan cukai, karantina serta imigrasi,” tutur Awaluddin di Jakarta, Kamis (18/7/2019).

Seluruh stakeholder berkomitmen mengembangkan penerbangan internasional di Bandara Kualanamu, membuka lebih banyak konektivitas penerbangan di Sumatera Utara.

“Kami berharap rute penerbangan ini tidak hanya mempermudah perjalanan ke London tetapi juga membawa lebih banyak turis ke Sumut.”

Angkasa Pura II mendukung penuh seluruh maskapai yang membuka konektivitas penerbangan baru, termasuk Garuda dengan rute Kualanamu – London. Pihaknya juga menyiapkan insentif bagi maskapai yang membuka rute penerbangan baru.

Adapun insentif dimaksud adalah New Route Incentives yakni cash back 100% dari jasa pendaratan pesawat selama 1 tahun bagi maskapai yang membuka rute baru di bandara Angkasa Pura II.

Direktur Niaga Garuda Indonesia Pikri Ilham Kurniansyah mengatakan bahwa dengan dioperasikannya rute ini, Garuda menjadi maskapai pertama yang menghubungkan London dengan dua kota besar di Indonesia.

“Selain merupakan komit berkelanjutan perusahaan dalam memperkuat jaringan penerbangan internasional, khususnya dengan menyediakan akses konektivitas langsung dari hub penerbangan terpadat di Indonesia yaitu Bali dan Medan ke Bandara Internasional London Heathrow (LHR), pengoperasian rute ini juga merupakan upaya mendukung program pemerintah,” urainya.

Dihubungkannya Medan dengan destinasi London juga kami harapkan dapat semakin memperkenalkan keunggulan potensi wisata prioritas Indonesia di Medan dan sekitarnya seperti keindahan alam wisata Danau Toba.

“Penerbangan Denpasar – Medan – London ini kami layani dengan menggunakan armada A330-200 -menggantikan B777-300 ER yang sebelumnya digunakan untuk melayani rute London – Denpasar.” katanya.

Bandara Internasional Kualanamu saat ini melayani lima penerbangan rute internasional yang dioperasikan oleh sejumlah maskapai, yakni ke Hong Kong, Penang, Kuala Lumpur, Singapura, dan London.

Kualanamu juga tengah disiapkan sebagai hub penerbangan di bagian Barat Indonesia, baik untuk rute internasional dan domestik.

“Terminal penumpang pesawat di Kualanamu saat ini berkapasitas 8 juta orang per tahun,” imbuh Awaluddin.

Pengembangan tidak berhenti di Kualanamu, di mana saat ini Angkasa Pura II tengah mencari mitra strategis guna mempercepat pembangunan di bandara itu hingga kapasitas terminal penumpang bisa mencapai 42 juta orang per tahun.

“Cukup banyak perusahaan dari berbagai negara yang berminat menjadi mitra strategis Angkasa Pura II dalam mengembangkan Kualanamu. Yang jelas, kami akan memilih perusahaan berkompeten dengan rekam jejak sangat baik di industri penerbangan,” ujar dia. (omy/adinda)