press enter to search

Kamis, 12/12/2019 23:03 WIB

Kapal KNP 358 Angkut Bantuan Kemanusiaan Korban Gempa Halmahera Selatan

Redaksi | Minggu, 21/07/2019 23:37 WIB
Kapal KNP 358 Angkut Bantuan Kemanusiaan Korban Gempa Halmahera Selatan

IMG-20190721-WA0043

TERNATE (Aksi.id) – Kapal Patroli Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantau (KPLP) KSOP Kelas II Ternate, Maluku Utara, KNP 358 mengangkut bantuan kemanusiaan peduli gempa Halmahera Selatan yang terjadi pekan lalu.

Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Ternate, Taher Laitupa mengatakan, bantuan peduli gempa tersebut diangkut dari Pelabuhan Ahmad Yani Ternate kemarin (20/7/2019) dengan tujuan Tomara Kec. Kepulauan Joronga yang membawa personel sebanyak 15 orang dan bermuatan kurang lebih 13 Ton bantuan logistik berupa beras, susu, terpal, pakaian untuk anak anak dan lainnya yang telah tiba Minggu (21/7/2019).

Kata dia, setibanya di sana, Kapal Patroli KNP 358 langsung melakukan kegiatan bongkar barang bantuan peduli bencana dan langsung menyalurkannya ke masyarakat di desa-desa Kecamatan Kepulauan Joronga.

Bantuan tersebut berasal dari seluruh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Direktorat Jenderal Perhubungan Laut di wilayah Malut, Dinas Perhubungan Provinsi Malut, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), dan Mahasiswa Teknik Unkhair Malut

Selanjutnya, setelah selesai menurunkan bantuan untuk korban gempa, petugas peduli bencana langsung bertolak dari Desa Tomara Halmahera Selatan pukul 09.55 WIT menuju Desa Yomen, dan tiba pukul 17.10 WIT yang langsung bergerak ke desa Liboba Hijrah.

“Melalui koordinasi dengan aparat Desa Tomara, Yomen, Kurunga, Liboba Hijrah Alhamdulillah seluruh Logistik bantuan berhasil didistribusikan ke desa-desa yang membutuhkan,” ungkapnya.

Taher mengatakan alasan bantuan peduli gempa didistribusikan ke Desa Tomara, Yomen, Kurunga, dan Liboba Hijrah mengingat lokasi tersebut masih minim mendapatkan perhatian dan bantuan kemanusiaan sementara banyak masyarakat yang terdampak gempa.

“Bantuan kemanusiaan masih minim sehingga distribusi bahan-bahan makanan kepada masyarakat belum merata. Pada kesempatan ini, saya berharap agar rekan-rekan terutama dari institusi Pemerintah yang ada di Maluku Utara, agar bisa membantu korban gempa Halmahera Selatan,” ujar Taher.

Dia berharap bantuan peduli gempa dari Ditjen Perhubungan Laut khususnya UPT di wilayah Malut dapat meringankan beban masyarakat yang sedang mengungsi dan berharap kondisi dapat segera pulih seperti sediakala.

Sebagai informasi, sejumlah bantuan telah berdatangan melalui jalur darat dan jalur laut. (omy/adinda) 

Artikel Terkait :

-