press enter to search

Sabtu, 21/09/2019 03:23 WIB

5 Cara Agar Tidur Lebih Nyenyak

Dahlia | Sabtu, 27/07/2019 22:17 WIB
5 Cara Agar Tidur Lebih Nyenyak Foto: ilustrasi

JAKARTA (aksi.id) - Tidur penting untuk kesehatan, juga memulihkan kondisi tubuh, termasuk mengembalikan energy setelah beraktivitas padat. Namun, tidak semua orang bisa mendapatkan tidur yang berkualitas tersebut.

Nah, jika Anda salah satu yang mengalami kesulitan tidur di malam hari, seperti dilansir The F Thing, ada 5 langkah untuk mendapatkan tidur yang lebih terbaik. Berikut ulasannya.

1. Hindari kafein di malam hari
Agar tubuh Anda siap untuk tidur tepat waktu, maka hindari minuman kafein di malam hari. Kafein membuat sistem saraf Anda terjaga selama 6-8 jam. Untuk itu, sebaiknya Anda berhenti minum kopi pada jam 3-4 sore.


2. Matikan gadget 
Mengaktifkan gadget di malam hari akan memberi sinyal kepada otak Anda bahwa itu masih siang hari. Dengan mematikan lampu biru yang masuk melalui gadget, Anda dapat mengurangi hormon melatonin yang membuat tubuh lebih rileks untuk tidur lebih dalam.

3. Atur alarm 
Konsisten dengan waktu tidur Anda dapat membantu Anda meningkatkan kualitas tidur. Untuk melakukan itu, Anda dapat mengatur alarm yang mengingatkan Anda waktu untuk tidur.

4. Mandi air dingin sebelum tidur

Dengan mandi air dingin, Anda dapat menurunkan suhu tubuh yang membuat lebih rileks. Mandi air hangat juga bagus untuk melepas lelah, tetapi suhu tubuh akan naik sehingga menghalangi Anda untuk tertidur.

5. Buat kamar gelap

Ini adalah trik bagi otak untuk memberi tahu bahwa membuat kamar menjadi gelap member tanda sudah jam tidur. Selain itu, Anda dapat menggunakan penutup mata untuk membantu Anda tidur lebih baik.(lia/sumber:sindonews)