press enter to search

Jum'at, 20/09/2019 16:59 WIB

BNPB Beri Penghargaan Kepada Sutopo Purwo Nugroho dan Mbah Sadiman

Redaksi | Kamis, 01/08/2019 13:55 WIB
BNPB Beri Penghargaan Kepada Sutopo Purwo Nugroho dan Mbah Sadiman Istri dan putra Sutopo menghadiri acara pemberian penghargaan. (ist)

JAKARTA (Aksi.id) - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memberikan penghargaan bagi para insan yang berdedikasi dalam lingkungan dan kebencanaan. Penghargaan itu bentuk apresiasi BNPB bagi para aktor yang terbukti memiliki peran kemajuan bagi bidang-bidang tersebut.

Penghargaan kategori lingkungan diberikan kepada Mbah Sadiman. Mbah Sadiman dianggap telah melakukan aksi nyata menyelamatkan lingkungan. Ia diketahui melakukan penanaman pohon beringin sejak 1996 di daerahnya Wonogiri.

"Tahun 1996 mulai menanam, tujuan saya tolong-menolong gitu mas," tutur pria paruh baya itu dalam sebuah video yang ditampilkan oleh BNPB di Ruang Serbaguna Dr. Sutopo Purwo Nugroho, Graha BNPB, Jakarta Timur, Kamis (1/8).

Mbah Sadiman berharap langkahnya bisa diikuti bukan hanya orang sepuh seperti dirinya, melainkan juga para anak muda di Indonesia. Menurutnya, jika kita menjaga alam, maka alam akan menjaga kita.

"Mudah-mudahan menjadi contoh bagi yang lain. Tua, muda bisa merai penghargaan ini dan untuk keselamatan dunia anak cucu kita," ucap Sadiman.

Mbah Sadiman selama 23 tahun menanam pohon di hutan sekitar daerahnya Wonogiri. Ia menuturkan, semangatnya menanam pohon berkaca dari gundulnya hutan di daerahnya sehingga membuat bencana. Saat itu, Wonogori sering terjadi banjir dan bencana kekeringan karena pohon di hutan banyak ditebang.

Penghargaan Kemanusiaan untuk Sutopo

Selain memberikan penghargaan kepada Mbah Sudiman, BNPB juga menyerahkan penghargaan bagi insan pengabdi bagi kemanusiaan. Penghargaan kali ini diberikan kepada almarhum Sutopo Purwo Nugroho yang merupakan mantan Kepala Pusat Data, Informasi, dan Hubungan Masyarakat di BNPB.

Sutopo meninggal di China pada7 Juli 2019 lalu setelah berjuang melawan kanker.

Pria yang mempunyai sapaan akrab Pak Topo ini dikenal sebagai sosok yang gigih dalam mengabarkan informasi kebencanaan yang terjadi di Indonesia. Sutopo juga giat melawan berita bohong terkait informasi bencana.

Penghargaan diberikan langsung oleh Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo kepada istri Sutopo. Dua putranya juga hadir.

"Penghargaan ini diberikan bagi pahlawan kemanusiaan yang dengan gigih memberi informasi terkait kondisi bencana kepada masyarakat," kata Doni.

Selain itu, kedua anak Sutopo juga mendapatkan beasiswa pendidikan dari Bank BRI senilai Rp 200 juta dan Rp 100 juta dari Ace Hardware. (ds/sumber liputan6)