press enter to search

Sabtu, 24/08/2019 00:56 WIB

Listrik Padam, XL Axiata, Telkomsel, dan Indosat Ikut Padam

Redaksi | Minggu, 04/08/2019 21:10 WIB
Listrik Padam, XL Axiata, Telkomsel, dan Indosat Ikut Padam Ilustrasi

Jakarta (aksi.id) -- Tiga jaringan penyedia komunikasi seluler yakni XL Axiata, Telkomsel, dan Indosat terkena dampak pemadaman listrik  di Jakarta dan sekitarnya. Senior Vice President Head of Corporate Communications Indosat Ooredoo Turina Farouk mengungkapkan kualitas jaringan Indosat menurun hingga 10 persen karena gangguan tersebut.

"Sehubungan dengan gangguan pasokan listrik di beberapa daerah seperti Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur, 10 persen jaringan Indosat Ooredoo terkena dampak. Dan ini berimbas pada menurunnya kualitas layanan," kata Turina, Minggu (4/8).

Saat ini teknisi Indosat di lapangan juga turut mencoba memperbaiki gangguan layanan tersebut. Turina melalui keterangannya meminta maaf atas layanan yang sedang terkena gangguan.

" Kami akan terus memonitor jaringan kami agar normal kembali sesegera mungkin. Oleh karena itu kami memohon maaf kepada para pelanggan atas ketidaknyamanan yang dirasakan. Semoga kondisi ini akan segera pulih," ungkap dia.

Kualitas jaringan juga berimbas pada jaringan XL Axiata yang mengalami penurunan kualitas sekitar 20 persen. Penurunan secara umum terjadi di Jabodetabek, Jawa Barat, dan Jawa Tengah. Kemudian Area Jawa Timur sekitar 1 persen jaringan XL Axiata yang terdampak dan mengalami penurunan kualitas akses internet dan voice.

"Penurunan kualitas yang dimaksud terutama berupa berkurangnya kecepatan dan kestabilan akses internet, serta akses voice," jelas Group Head Corporate Communication XL Axiata Tri Wahyuningsih dalam keteranganya.

Sebagai tindakan antisiapasi, XL Axiata melakukan rekayasa trafik jaringan dan penyediaan baterai serta genset cadangan. 

 "Saat ini, tim teknis kami di lapangan terus berusaha mengatasinya dengan menghidupkan cadangan daya yang sudah disiapkan. Semoga kondisi ini segera pulih sehingga kualitas layanan XL Axita bisa normal kembali," tegas dia.

Terakhir, penyedia jasa komunikasi Telkomsel belum bisa mendetail presentase pengurangan kualitas layanan.  Vice President Corporate Communications Telkomsel Denny Abidin mengatakan pihaknya masih menginventarisir perangkat yang terdampak.

"Untuk kondisi jaringan Telkomsel, kami saat ini masih menginventarisir jumlah perangkat jaringan yang terkena dampak penurunan kualitas akibat gangguan ini dan memastikan back up power berfungsi di perangkat jaringan kami secara maksimal," ujar Denny.

General Manager Unit Induk Pusat Pengatur Beban Perusahaan Listrik Negara (PLN), Edwin Nugraha Putra memastikan kondisi listrik di DKI Jakarta akan pulih pada pukul 19.27 WIB. Proses pemulihan telah berangsur dilakukan PLN dengan mengoptimalkan arus listrik dari wilayah timur Jawa. 

"Tiga jam setelah 16.27 WIB akan pulih 100 persen Jakarta," kata dia dalam konferensi pers di Jakarta, Jumat (4/8).

Sementara itu, Plt Dirut PLN, Sripeni Inten Cahyani menyebut pukul16.27 merupakan tahap recovery yang memastikan pasokan listrik dari Jawa Timur telah masuk PLTA Cirata dan Saguling. Dua lokasi itu mengambil peran sebagai stabilisator pasokan daya yang akan dikirim ke wilayah barat.

Nantinya, sambung Cahyani, pasokan listrik itu akan masuk ke pos PLN di Gandul, Depok. Kemudian akan diteruskan sesuai kebutuhan listrik di Jawa Barat dan DKI Jakarta. Pasokan listrik untuk DKI akan disuplai melalui PLTU Muara Karang, sedangkan kebutuhan listrik di Banten dan Jawa Barat dipasok melalui Suryalaya, Cilegon.   (ny/Sumber: CNNIndonesia)