press enter to search

Jum'at, 20/09/2019 17:15 WIB

Pendaftaran Rumah DP Rp0 di Jakarta Gelombang Kedua Dibuka Lagi

Redaksi | Kamis, 08/08/2019 10:19 WIB
Pendaftaran Rumah DP Rp0 di Jakarta Gelombang Kedua Dibuka Lagi Suasana pembangunan hunian DP 0 rupiah di Pondok Kelapa, Jakarta. (ist)

JAKARTA (Aksi.id) - Pemprov DKI Jakarta telah membuka pendaftaran rumah DP Rp0 gelombang kedua sejak Rabu (7/8). Pendaftaran dibuka lagi karena melihat tingginya animo masyarakat untuk mendapatkan hunian terjangkau yang disiapkan oleh Pemprov DKI, salah satunya di Klapa Village, Pondok Kelapa, Jakarta Timur.

Menurut Kepala UPT Rumah DP Rp0, Dzikran Kurniawan, pendaftaran gelombang kedua ini dibuka untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat yang belum mendaftarkan diri.

“Sama saja (pendaftaran gelombang 1 dan 2), maksudnya cuma kita antisipasi ke depan kalau kita bangun. Kalau masih berminat di sini (di Klapa Village) silakan. Optionnya bisa milih di sini, bisa juga lokasi lainnya,” ujar Dzikran, Kamis (8/8).

Pemprov DKI membuka pendaftaran rumah DP Rp 0 gelombang kedua di Klapa Village pada 7-13 Agustus 2019. Setelah 13 Agustus, pendaftaran juga dibuka setiap hari kerja di Kantor Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman DKI.

Dzikran menjelaskan, berdasarkan pengalaman saat proses verifikasi gelombang 1, sebanyak 301 orang datang ke Klapa Village hanya untuk meminta informasi terkait program Solusi Rumah Warga (Samawa).

Nantinya, masyarakat yang datang bisa mendapatkan informasi terkait pembangunan rusunami di Klapa Village, atau rusunami yang baru akan dibangun. Namun, jika masih ada slot tersisa di Klapa Village, pendaftar juga diperbolehkan memilihnya.

“Siapa yang butuh program Samawa, kalau di Klapa Village masih bisa boleh dong. Kalau sudah penuh boleh dong kalau ada info lagi diinfo. Nanti kan ada email, ada kontaknya nanti kita infokan rutin,” ujar Dzikran.

“Kalau masih berminat di Pondok Klapa tinggal dicontreng. Kalau dia enggak dapat juga, dia waiting list juga,” imbuhnya.

Dari segi persyaratan, Pemprov DKI tetap memberlakukan syarat-syarat yang sama seperti pendaftaran gelombang pertama. Sehingga, diharapkan masyarakat bisa mencari informasi lebih lanjut di kanal-kanal yang telah tersedia, maupun datang langsung ke Klapa Village.

Untuk program Samawa gelombang pertama, terdapat 1.790 orang yang lolos seleksi dan memenuhi syarat. Sedangkan 1.063 pemohon telah hadir dan menyerahkan dokumennya sebagai syarat mengurus proses kredit rumah. (ds/sumber kumparan)