press enter to search

Sabtu, 21/09/2019 13:18 WIB

Si Black, Sapi Kurban yang Dibeli Jokowi 100 Juta

Redaksi | Jum'at, 09/08/2019 12:34 WIB
Si Black, Sapi Kurban yang Dibeli Jokowi 100 Juta

Jakarta (aksi.id)  - Sulistiyo Hadi tidak menyangka bahwa sapi yang dibesarkannya dibeli oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk disumbangkan pada Hari Raya Idul Adha.

Sapi jenis simental dengan berat 1.180 kg atau lebih dari satu ton ini ini berusia empat tahun.

"Iya ini yang di beli Bapak Jokowi," ujar Sulistiyo Hadi saat ditemui di kompleks Kantor Kepatihan, Yogyakarta, Jumat (9/8/2019).

Sulistiyo menceritakan, tiga pekan yang lalu ada tim yang datang ke kampungnya di Dusun Salam, Desa Wukirsari, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman.

Tim ini datang mencari sapi kurban untuk dibeli Jokowi guna disumbangkan saat Idul Adha.

Setelah melihat dan sesuai dengan kriteria termasuk kesehatanya, akhirnya sapi milik Sulistiyo dibeli untuk hewan kurban bantuan Jokowi.

"Ya senang, sudah dibeli Pak Presiden, Menjadi kebanggan tersendiri bagi Saya. Dibeli Rp 100 juta, dulu awal saya beli Rp 18,5 Juta," ungkapnya

Sulistiyo menuturkan sapi miliknya yang dibeli Jokowi sudah dipelihara sejak tiga tahun yang lalu.

Dia menamai sapi itu dengan sebutan si Black karena warnanya dominan hitam.

Makanan

Selama ini dirinya selalu memperhatikan asupan makanan dan gizi dari sapi peliharaannya. Selain itu, ia juga memberikan vitamin untuk si Black.

Sulistiyo biasa memberi makan sapinya ketela, ampas tahu, bekatul dan folat. Tak hanya itu, sapi juga diberikan vitamin untuk kesehatan, lalu obat cacing agar sehat dan pertumbuhanya maksimal.

Sulistiyo juga sangat memperhatikan kebersihkan kandang. Sebab, dengan kondisi kandang bersih, kesehatan Sapi juga tetap terjaga.

Sulistiyo juga memandikan sapinya minimal dua kali sepekan.

Jokowi menyumbang dua ekor sapi kurban di DIY. Sapi Banpres jenis simenta; seberat 1180 Kg secara simbolis diserahkan oleh Wakil Gubernur DIY, KGPAA Paku Alam X kepada Takmir Masjid Nur Maunah, Gunungkidul.

Satu lagi sapi bantuan Jokowi jenis Peranakan Ongole (PO) dengan berat 1.037 Kg diserahkan ke Takmir Masjid Istana Negara Gedung Agung Yogyakarta. Penyerahan ini dilakukan di Kompleks Kantor Kepatihan, Yogyakarta.

Asisten Pemberdayaan Sumber Daya Masyarakat Setda DIY, Arofa Noor menyampaikan, sapi korban bantuan Jokowi serta Gubernur DIY dan Wakil Gubernur DIY sudah menjalani pemeriksaan di Balai Besar Veteriner Yogyakarta di Wates, Kulon Progo.

"Sudah melalui seleksi dan pemeriksaan. Alhamdulilah kondisinya sehat," ungkapnya.

Gubernur DIY dan Wakil Gubernur DIY lanjutnya menyumbangkan tujuh ekor sapi dengan jenis Peranakan Ongole (PO). Sapi sumbangan Gubernur DIY dan Wakil Gubernur DIY ini di sumbangkan ke lima kabupaten/kota.

Sedangkan dua ekor sapi sisinya disumbangkan ke Masjid Gede Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat dan Masjid Pakualaman.

"Sapi-sapi ini diambil dari sapi terbaik yang ada di DIY," ujarnya.

(ny/Sumber: Kompas.com)