press enter to search

Rabu, 11/12/2019 19:16 WIB

Ratusan Bocah Papua & Maluku Itu Berpuasa Tarwiyah dan Arafah

| Jum'at, 09/08/2019 21:50 WIB
Ratusan Bocah Papua & Maluku Itu Berpuasa Tarwiyah dan Arafah

BEKASI (aksi.id) - Tak hanya gemar berpuasa sunnah Senin dan Kamis, santri Pondok Pesantren AFKN Nuu Waar juga aktif menunaikan ibadah puasa tarwiyah dan Arafah.

Mereka memahami Bulan Dzulhijjah ini termasuk di antara asyhurul hurum atau bulan-bulan yang diagungkan oleh Allah. 

Mereka juga faham di Bulan Dzulhijjah, ibadah  puasa tarwiyah  dapat menghapuskan dosa satu tahun yang lalu.

Sementara melaksanakan ibadah Puasa Arafah, Allah Swt akan mengampuni dosa tahun lalu dan dijaga untuk tidak melakukan dosa atau maksiat di tahun yang akan datang.

Melaksanakan dua puasa itu dilaksanakan sekitar 750 santri pesantren di Desa Taman Sari, Kecamatan Setu, Kabupaten Bekasi. Jumat (9/8/2019), santri, yang sebagian besar asal Papua dan Maluku, itu berbuka puasa.

Sebelum berbuka puasa, mereka berkumpul di lapangan. Lesehan beralas tikar dan karpet. Berzikir dan bershalawat. Melambungkan setinggi langit segala puja-puji kepada Illahi Robbi, serta menyampaikan salam kepada manusia terbaik dalam sejarah kehidupan, Nabi Muhammad SAW.

Seperti halnya saat puasa Senin dan Kamis, mereka berbuka puasa tarwiyah dan Arafah dengan makanan sedekah dari dermawan.

Pimpinan Ponpes AFKN/Nuu Waar, KH Fadlan Garamathan mengaku bersyukur banyak dermawan bersedekah kepada santri, yang belajar di ponpes tersebut ranpa dikenakan biaya sedikit pun.

"Semoga Allah Swt limpahkan rahmat, kasih sayang, kesehatan, keberkahan, kebarokahan, dan perlindungan kepada para dermawan," ujarnya.

(awe).