press enter to search

Sabtu, 21/09/2019 12:48 WIB

Menyuruh Anak ke Warung Ternyata Ada Manfaatnya

Dahlia | Sabtu, 10/08/2019 19:14 WIB
Menyuruh Anak ke Warung Ternyata Ada Manfaatnya Foto: ilustrasi
Bekasi (aksi.id) - Meminta tolong anak agar membelikan sesuatu di warung dekat rumah, bukan hal yang asing ya, Moms. Dulu saat Anda masih anak-anak, mungkin pernah mengalaminya pula.
 
 
 
Meski permintaan tolong seperti ini terlihat sepele, sebenarnya punya ragam manfaat lho, Moms. Menurut laman Sahabat Keluarga - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, menyuruh anak ke warung memiliki 6 manfaat, apa saja?
 
 
1. Melatih Keberanian
 
 
ilustrasi anak penakut Foto: Shutterstock
Umumnya anak akan merasa takut untuk pergi ke luar rumah, apapun alasannya. Dengan menyuruhnya pergi ke warung, menjadi salah satu trik untuk melatih si kecil lebih berani.
 
 
Bila awalnya si kecil takut, Anda bisa mengantarnya sampai ke dekat warung. Kemudian untuk permintaan selanjutnya, Anda hanya perlu mengantarnya hingga depan rumah saja. Memang butuh kesabaran untuk melatih keberanian anak Moms, tapi ingat tidak perlu sampai memarahi anak, ya!
 
 
2. Melatih Daya Ingat
 
 
ilustrasi anak sedang berfikir Foto: Shutterstock
Selain dapat melatih keberanian, menyuruh si kecil pergi ke warung juga mampu melatih daya ingatnya. Ketika Anda menyampaikan apa saja yang harus dibeli, maka anak akan mencoba memperhatikan dan mengingat pesan Anda.
 
 
 
Namun, jika pesanan Anda ada yang terlupa jangan marah, Moms. Anda harus memakluminya atau mungkin saja kesalahan yang terjadi saat penukaran barang dengan si penjual. Demi meminimalisir kesalahan, Anda juga bisa memberikan catatan kepada si kecil.
 
 
3. Melatih Tanggung Jawab
 
 
Ilustrasi Anak di Minimarket Foto: Shutter Stock
Kemudian, manfaat lain yang didapat dari meminta tolong anak pergi ke warung, toko, kedai atau tempat lainnya adalah untuk melatih tanggung jawab. Anak pasti akan mempertanggung jawabkan agar pesanan yang orang tua amanahkan, berhasil ia dapatkan.
 
 
4. Melatih Berkomunikasi dan Belajar Menyampaikan Pesan
 
 
Manfaat keempat yang didapat adalah melatihnya berkomunikasi dan belajar untuk menyampaikan pesan kepada orang lain. Anak akan berkomunikasi dengan Anda sebagai pihak yang memerintah serta berusaha memperhatikan barang yang kita pesan.
 
 
Selanjutnya, si kecil juga akan berlatih berkomunikasi dan menyampaikan pesan kepada penjual. Mulai dari memberi salam hingga menyampaikan apa saja yang dibutuhkan.
 
 
Tentunya ada anak yang mampu berkomunikasi dengan baik dan lancar, namun ada juga sebaliknya. Tapi dengan seringnya Anda menyuruh anak, maka frekuensi berkomunikasi mereka semakin banyak, serta dapat mengurangi rasa malu, takut, dan menambah percaya diri.
 
 
5. Melatih Berhitung
 
 
Ilustrasi Anak Berhitung Foto: Shutter Stock
Keuntungan lainnya dari menyuruh anak ke warung adalah melatih untuk berhitung. Terutama jika uang yang Anda beri ternyata kelebihan, sehingga anak akan bertanggung jawab dengan uang kembalian yang diterima dan memastikan jumlahnya benar.
 
 
6. Belajar Mandiri
 
Keenam, anak yang sering dimintai bantuan untuk berbelanja ke warung memiliki kecenderungan menjadi anak yang mandiri. Si kecil akan melakukan sendiri saat dirinya memerlukan kebutuhan pribadi.
 
Misalnya, saat mendapat tugas membuat keterampilan dari sekolahnya. Begitu membutuhkan peralatan atau bahan maka dengan cekatan ia akan mencari di warung atau toko di sekitar tempat tinggalnya dan tidak merengek meminta diantar, hanya untuk mendapatkan lem atau kertas.
 
 
Nah, Moms, ternyata meminta tolong anak membelikan barang ke warung banyak manfaatnya, ya! Meski begitu, saat awal-awal Anda meminta tolong dan anak menolak atau tak berani, tak perlu berkecil hati. Pastikan pula area warung dan rumah Anda memang tidak jauh, kondisi jalan relatif buat anak, dan anak memang sudah bisa Anda beri kepercayaan ini ketika usianya sudah cukup matang untuk Anda meminta tolong.(lia/sumber:kumparan)
Keyword Anak warung