press enter to search

Jum'at, 23/08/2019 04:01 WIB

Nasi Liwet Domba, Kekayaan Kuliner Menggugah Selera di Pasar Wisata Digital Dayeuh Manggung

Redaksi | Rabu, 14/08/2019 04:26 WIB
Nasi Liwet Domba, Kekayaan Kuliner Menggugah Selera di Pasar Wisata Digital Dayeuh Manggung

GARUT (aksi.id) - Siapa yang bisa menampik pesona kuliner Garut. Ragam kulinernya selalu dapat membuat wisatawan tergoda. Yang paling fenomenal adalah Nasi Liwet Domba Garut. Aromanya yang mengoda dengan perpaduan bumbu yang lengkap membuatnya selalu jadi primadona wisatawan.

Kalau tak percaya, datang saja ke Pasar Wisata Digital Dayeuh Manggung. Pasar yang telah dibuka pada hari, Selasa (13/8) itu lengkap banget. Buktinya, rayuan Nasi Liwet Domba Garut membuat Anggota Komisi X DPR RI, Ferdiansyah tak dapat menahan diri untuk mencicipi kuliner tersebut.

"Wah kalau begini saya bisa gagal diet," kata Ferdiansyah yang disambut tawa oleh tamu undangan yang datang.

Wajar jika dirinya tergoda. Aroma khas nasi liwet ini dijamin mampu menghipnotis wisatawan. Apalagi rasanya. Siapa pun yang mencicipinya dijamin ketagihan. Perpaduan bumbu, nasi, dan potongan daging domba yang diracik sedemikian rupa begitu pas di lidah. Apalagi dinikmati selagi hangat. Pokoknya maknyus.

"Kemarin waktu pembukaan Pasar Wisata Digital Situbagendit saya juga coba dan langsung jatuh cinta. Rasanya bikin lidah bergoyang. Apalagi dinikmati selagi hangat di udara dingin khas Garut. Luar biasa. Sebuah kekayaan kuliner yang patut dikedepankan untuk menjamu wisatawan," ujar Ferdiansyah. 

Bupati Garut Rudy Gunawan yang hadir pun mengutarakan hal yang sama. Menurutnya Nasi Liwet Domba Garut adalah sebuah kekuatan pariwisata yang harus terus didorong. Untuk itu kuliner ini pun telah ditetapkan sebagai set menu khas kuliner Garut. Dari mulai Burayot sebagai appetizer atau makanan pembuka, Nasi Liwet Domba Garut sebagai makanan utama dan Es Goyobod sebagai menu penutup. 

"Karena rasanya memang sangat khas dan berbeda dengan nasi liwet lainnya. Siapa pun yang mencoba pasti ketagihan," kata Bupati Rudy yang didampingi Kadisparbud Garut Budi Gan Gan.

Rudy menambahkan, Nasi Liwet Domba Garut bukan saja sebagai kuliner, tetapi lebih dari itu telah menjadi ikon tersendiri dari Garut. Dengan dibukanya Pasar Wisata Digital Dayeuh Manggung, diharapkan semakin mendorong kuliner ini dikenal wisatawan.

"Atas bantuan Kementerian Pariwisata yang didorong oleh Komisi X DPR RI, Garut telah membuka dua destinasi digital di Situ Bagendit dan Dayeuh Manggung. Dengan itu digarapkan bukan saja mendorong destinasi tersebut makin terkenal, tetapi juga makin mengangkat ragam kuliner Garut. Karena di Pasar Wisata Digital bukan saja menyajikan spot foto tetapi juga beragam kuliner Garut," kata Rudy.

Sementara itu Menteri Pariwisata Arief Yahya mengungkapkan, citarasa Nasi Liwet Domba Garut sangat khas. Rasanya pun sangat akrab dilidah masyarakat Indonesia. Hal ini bisa membuat wisatawan yang hadir di Garut akan betah jika bertandang ke kota yang dijuluki kota Intan ini.

“Garut punya wisata belanja, wisata alam juga wisata kuliner. Saya saja ketagihan karena rasanya luar biasa. Silahkan datang ke Garut dan buktikan sendiri nikmatnya Nasi Liwet Domba Garut,” ucapnya.(Alma)

Keyword

Artikel Terkait :

-