press enter to search

Jum'at, 23/08/2019 02:55 WIB

Kades Ini Gratiskan Pendidikan bagi Para Penghafal Quran di Desanya

Redaksi | Kamis, 15/08/2019 07:54 WIB
Kades Ini Gratiskan Pendidikan bagi Para Penghafal Quran di Desanya

Aksi.id  — Pemerintah Desa Danger, Kecamatan Masbagik, Kabupaten Selong, Nusa Tenggara Barat (NTB), menggatiskan biaya pendidikan warganya yang bisa menghapal 5 sampai 30 juz Alquran. Pendidikan gratis ini dikhusukan mulai dari tingkat SMP/Mts, SMA/MA sampai dengan perguruan tinggi.

”Memang betul kami membuat terobosan baru di desa dengan mengratiskan biaya pendidikan warga yang menghapal Al Qur’an sampai jenjang pendidikan Sarjana S1,” tegas Kepala Desa Danger, Kaspul Hadi, seperti dikutip dari Lombok Kita.

Kades Kaspul Hadi juga menjelaskan, penghafal 5 sampai 10 jus Alquran akan mendapat pendidikan gratis dari tingkat SMP/Mts, sedangkan penghafal 10 sampai 20 juz Alquran adalah untuk tingkat SMA/MA. Sementara penghafal 30 juz Alquran untuk tingkat perguruan tinggi.

Kebijakan menggartiskan pendidikan untuk para penghafal Quran ini dilakukan untuk memberikan motivasi kepada warga maupun remaja baik putra maupun putri yang ada di desa Danger agar lebih giat dalam menuntut ilmu.

Sebenarnya program ini sudah dilakukan pada tahun 2018 lalu, akan tapi tidak kami publikasikan,” ujar Kaspul Hadi.

Lebih lanjut Kaspul yang juga mantan pensiunan TNI AD ini menuturkan, biaya program ini tidak diambil dari dana desa, akan tapi pihaknya mencari dana lain diluar itu.

”Namun yang jelas program ini sangat disambut antusias oleh warga sekitar karena tujuan sangat baik,” tukasnya. 

(ny/Sumber: Islampos.com/Lombokkita)