press enter to search

Jum'at, 23/08/2019 02:46 WIB

Kilang Minyak Pertamina Terbakar, Asap Hitam Mengepul dan Api Berkobar

Redaksi | Kamis, 15/08/2019 10:49 WIB
Kilang Minyak Pertamina Terbakar, Asap Hitam Mengepul dan Api Berkobar Kilang minyak yang terbakar. (ist)

BALIKPAPAN (Aksi.id) - Areal kilang minyak Pertamina di kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Kamis (15/8) pagi terbakar. Kepulan asap hitam pekat, bikin panik warga Balikpapan. Sampai saat ini, upaya pemadaman masih dilakukan tim internal Pertamina.

Kepulan asap hitam disertai kobaran api di bawahnya, terjadi sekira pukul 09.45 Wita. Seketika warga panik, melihat kepulan asap hitam pekat itu menjulang tinggi.

"Iya benar. Terjadi kebakaran di dalam areal kilang Pertamina," kata Kepala BPBD Kota Balikpapan Suseno, Kamis (15/8).

Suseno menerangkan, upaya pemadaman masih dilakukan dari tim internal HSE (Health, Safety, Environment) Pertamina, dan anak perusahaannya seperti PT Pertamina Hulu Mahakam (PHM).

"Pemadaman masih dilakukan tim internal Pertamina. Tapi, kami juga sedang siaga, di pintu V areal kilang dan di kampung atas air di Margasari," tambah Suseno.

Suseno juga membenarkan, terjadi kepanikan warga yang melihat kepulan asap disertai kobaran api itu. Namun demikian, belum diketahui jelas penyebab terjadinya peristiwa di areal sakral milik Pertamina itu.

"Jadi kami siaga, juga untuk menenangkan masyarakat. Kalau ada apa-apa, kita juga sudah siap mengantisipasi," tegas Suseno.

"Kalau kepanikan iya ada. Dari sisi kejadian kebakaran, siapapun kekhawatiran pasti ada. Cuma melihat jaraknya, agak jauh (dari permukiman). Kita percaya tim HSE Pertamina punya kemampuan untuk itu (memadamkan kobaran api)," demikian Suseno.

Sejauh ini, dikabarkan Pertamina sedang melakukan perawatan insalasi kilang. Kendati demikian, belum ada penjelasan resmi dari PT Pertamina (Persero) di Balikpapan, terkait peristiwa itu. (ds/sumber merdeka)