press enter to search

Jum'at, 23/08/2019 04:04 WIB
Peringati Hari Kemerdekaan

Tiket Gratis Naik KA Prameks dan Batara Kresna

Redaksi | Kamis, 15/08/2019 11:30 WIB
Tiket Gratis Naik KA Prameks dan Batara Kresna foto:istimewa

YOGYAKARTA (Aksi.id) – PT KAI akan menggratiskan tiket untuk sejumlah kereta lokal dan perintis selama satu hari bertepatan dengan peringatan HUT Kemerdekaan RI, 17 Agustus, termasuk di Daerah Operasi 6 Yogyakarta yaitu untuk Batara Kresna dan Prameks.

“Ini adalah wujud syukur PT KAI untuk ikut memeriahkan peringatan HUT ke-74 Kemerdekaan RI sekaligus meningkatkan rasa cinta masyarakat terhadap moda transportasi kereta api,” kata Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi (Daop) 6 Yogyakarta Eko Budiyanto di Yogyakarta, Kamis.

Batara Kresna adalah kereta api perintis yang melayani rute Purwosari-Wonogiri. Sedangkan Prambanan Ekspres (Prameks) adalah kereta lokal PSO yang melayani rute Yogyakarta-Kutoarjo, Yogyakarta-Solo Balapan dan Kutoarjo-Solo Balapan.

 

Meskipun tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun untuk naik kereta api lokal saat hari kemerdekaan, namun calon penumpang tetap harus memiliki tiket dengan harga Rp0 yang bisa dibeli di loket reservasi tiket di stasiun.

Layanan pembelian tiket gratis kereta api tersebut hanya dilayani secara “go show” (pembelian langsung di stasiun) yaitu mulai tiga jam sebelum jadwal keberangkatan masing-masing kereta dan tidak bisa melayani pemesanan tiket untuk keberangkatan pada 17 Agustus.

“Kuota tiket yang disiapkan disesuaikan dengan toleransi kapasitas maksimal setiap kereta api,” katanya.

Sedangkan bagi penumpang yang sudah membeli tiket jauh hari sebelumnya dengan tarif normal, maka penumpang bisa mengambil biaya pembelian tiket di stasiun kedatangan maksimal tiga hari sejak kedatangan.

Penumpang yang akan mengambil biaya pembelian tiket harus menunjukkan tiket atau “boarding pass” atau “e-boarding pass” ke petugas di stasiun.

 

“Harapannya, program ini bisa dimanfaatkan secara maksimal oleh masyarakat untuk menikmati perjalanan secara gratis menggunakan kereta api dan kereta api akan menjadi moda transportasi andalan masyarakat,” katanya.

Di seluruh wilayah kerja PT KAI, terdapat enam kereta api perintis dan 22 kereta api lokal PSO yang akan digratiskan perjalanannya bertepatan dengan peringatan HUT Kemerdekaan RI.(amt/antaranews.com/foto:istimewa)