press enter to search

Sabtu, 20/04/2024 04:26 WIB

Ini Khasiat Air Beras untuk Perawatan Rambut

Redaksi | Rabu, 21/08/2019 15:07 WIB
Ini Khasiat Air Beras untuk Perawatan Rambut Ilustrasi (foto.dok)

Jakarta (aksi.id) -  Mungkin sebelumnya kamu pernah mendengar tentang manfaat air beras untuk kulit wajah, yang dapat mencerahkan dan meredakan kekusaman. Namun, ternyata tidak hanya bermanfaat untuk kulit, air beras juga memiliki banyak manfaat untuk rambut.

  • Air beras dikenal manfaatnya untuk kulit dan juga rambut.
  • Air beras kaya akan asam amino, vitamin B, vitamin E, mineral, dan antioksidan yang semuanya dikenal sangat bermanfaat untuk rambut.

Dilansir dari goodhousekeeping.com, Selasa (20/8/2019), air beras kaya akan asam amino, vitamin B, vitamin E, mineral, dan antioksidan yang semuanya dikenal sangat bermanfaat untuk rambut. Dengan penggunaan rutin air beras, kamu bisa mendapatkan rambut yang lebih berkilau, kuat, dan halus.  

Cara membuat air beras juga terbilang mudah, kamu hanya perlu mengambil beras organik, maupun non organik dan cuci untuk menghilangkan kotoran apapun yang ada di sana. Takaran yang disarankan adalah dua sendok makan beras untuk dua gelas air.

Campurkan, kemudian diamkan selama sekitar setengah jam. Jika kamu sudah melihat air mulai keruh, saring, dan air beras tersebut siap digunakan. Untuk hasil yang lebih baik, lakukan fermentasi air beras.

Air beras boleh didiamkan di rambut selama setidaknya 3 hari

Biarkan beras di dalam air selama sekitar 24 jam. Untuk menghilangkan baunya, tambahkan kulit jeruk.

Setelah selesai, saring dan encerkan larutan dengan lebih banyak air. Bilas rambut usai keramas dengan air beras. Rambut pun akan lebih halus dan ternutrisi dengan baik.

Air beras juga bisa dijadikan sebagai pengganti hairspray untuk menata rambut dengan manfaat meningkatkan kilau dan elastisitas rambut. Air beras mengandung pati yang merupakan molekul gula kompleks dan bahan-bahan lainnya yang merupakan komponen kunci dari kesehatan rambut.

Sebuah penelitian pernah mengonfirmasi tentang manfaat salah satu kandungan air beras terhadap rambut, yaitu inositol. Inositol atau vitamin B9 terbukti dapat menembus batang rambut, memperkuat, dan memperbaiki rambut. Nah kamu bisa mulai mencoba air beras untuk merawat rambut!  (ny/Sumber: Fimela.com)