press enter to search

Sabtu, 21/09/2019 12:55 WIB

Inilah Kerja Sama Ditjen Hubdat dengan Pihak Swasta untuk Tingkatkan Layanan

Dahlia | Jum'at, 23/08/2019 15:37 WIB
Inilah Kerja Sama Ditjen Hubdat dengan Pihak Swasta untuk Tingkatkan Layanan Foto: istimewa

JAKARTA (aksi.id) – Ditjen Perhubungan Darat melakukan penandatanganan perjanjian dengan PT. Penjaminan Infrastruktur Indonesia (PII), PT. Pertamina (Persero), dan PT. Sumber Alfaria Triajaya, Tbk untuk tingkatkan layanan.

Kerja sama ini dilaksanakan sebagai langkah nyata Direktorat Jenderal Perhubungan Darat dalam upaya mewujudkan digitalisasi pelayanan (DILAN), financial technology (FINTECH) dan terutama untuk peningkatan serta efisiensi pelayanan kepada masyarakat.

Ada tiga jenis kerja sama yang dijalin antara Ditjen Hubdat dengan ketiga pihak swasta tersebut, yaitu:

a. Kesepakatan Bersama Antara Ditjen Hubdat dengan PT. Pertamina (Persero) Tentang Peningkatan Fasilitas Pada Satuan Pelayanan Transportasi Darat Berupa Penyelenggaraan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum

b. Kesepakatan Bersama Antara Ditjen Perhubungan Darat Dengan PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk. Tentang Peningkatan Pelayanan Pada Satuan Pelayanan Transportasi Darat

c. Perjanjian Tentang Pelaksanaan Fasilitas Proyek dan Pendampingan Transaksi
Pada Proyek Kerjasama Pemerintah Dan Badan Usaha (KPBU) Pengembangan Proving Ground Balai Pengujian Laik Jalan Dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor (BPLJSKB) Bekasi Direktorat Jenderal Perhubungan Darat.

“Saat ini sedang disiapkan proyek KPBU Pembangunan Proving Ground BPLJSKB Bekasi dimana Proving Ground adalah fasilitas pengujian kendaraan bermotor di luar ruangan yang dinamis, mensimulasikan pengujian sebagaimana kondisi jalan yang sebenarnya,” ujar Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi di Jakarta, Jumat (23/8/2019).

Penandatangan kerja sama dilaksanakan sebelum peresmian eSRUT dan BLUe oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Nilai Capital Expenditure (CAPEX) proyek KPBU Pembangunan Proving Ground BPLJSKB Bekasi sebesar Rp1,64 Triliun dengan waktu kerja sama 20 tahun.

Proyek Proving Ground BPLJSKB Bekasi ini merupakan pilot project KPBU di sektor Perhubungan Darat bertaraf Internasional dan pertama di Indonesia.

“Demikian juga MOU dengan PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk., dan PT. Pertamina (Persero) diharapkan mengikat investasi pada infrastruktur Perhubungan Darat dengan membangun Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) dan mini market sehingga dapat menjadi fasilitas yang dapat menarik minat pengguna Infrastruktur Transportasi Darat,” kata Dirjen Budi. (omy)